KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM PEMBELAJARAN FULLDAY SCHOOL DI SMP IT NURUL ILMI MEDAN

Saidup Kudadiri

Abstract


Penelitian ini berangkat dari tujuan pendidikan Nasional Tahun 2003 yaitu untuk mengembangkan potensi peserta didik agar berkepribadian yang unggul, kecerdasan, akhak untuk berkontribusi pada masyarakat, bangsa, dan negara. Realisasi dari tujuan ini adalah melalui program pembelajaran full day school. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses kebijakan kepala sekolah dan  mutu pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP IT Nurul Ilmi Medan Estate. Metode penelitian dalam artikel ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenolgi dengan informan sebagai kunci data dalam penelitian ini. hasil penelitian ditemukan bahwa proses kebijakan kepala sekolah dalam rangkah meningkatkan mutu  pendidikan melalui program full day school adalah dengan melakukan perencanaan atau perumusan kebijakan yang di buat kemudian melakukan pengorganisasi yaitu bekerja  ama agar kebijakan yang telah di buat dapat berjalan dan di imlementasikan yaitu menjalankan kebijakan yang di buat serta yang terahhir adalah melakukan eveluasi yang mana program tersebut adalah visi dan misi sekolah, program Tahfizul Al Quran, program sistem full day school serta program ekrakurikuler. Mutu pendidikan SMP-IT Nurul Ilmi Medan Estate mempunyai telah menerapkan delapan Standar Nasional Pendidikan sesuai dengan Peraturan Pemerintah yang telah di buat yang mana Standar Nasional Pendidikan yaitu Standar isi, Standart kompetensi lulusan, Standar pendidik, Standar pendidik dan tenaga kependidikan, Standar sarana dan prasarana, Standar pengelolaan, Standar pembiayaan, dan Standar penilaian.

Keywords


Pengembangan Program Pembelajaran, Full day School

Full Text:

PDF

References


A. Rusdiana, (2015) Kebijakan Pendidikan dari Filosofi ke Implementas Bandung, Pustaka Setia.

Arif Rohman. (2009). Politik Ideologi Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama

Asrul & Syafaruddin, (2014)Manajemen Kepengawasan Pendidikan Bandung: Citapustaka Media.

Departeman Pendidikan Nasional Peraturan Pememrintah Nomot 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Jakarta.:Depdiknas.

Fattah, Nanang, (2016) Analisis Kebijakan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexi J, (2006), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Primarnie, Armie, (2015), Sekolah IslamTerpadu:Konsep dan Aplikasinya, Jakarta: JSIT Indonesia.

Sehudin, (2005), Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Full Day School Terhadap Akhlak Siswa, Surabaya: Perpustakaan IAIN Sunan Gunung Djati.

Yuslianti, Lis, “Full Day School Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter: Perspektif Psikologi Pendidikan Islam” dalam Jurnal Fikrotuna:Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. Vol. 05, No. 02, Juli 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v6i1.1-14

Article Metrics

Abstract view : 454 times
PDF - 186 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.