IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TERPADU DI SEKOLAH ISLAM TERPADU ULUL ILMI ISLAMIC SCHOOL KOTA MEDAN
Abstract
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan kejadian di lapangan sebagaimana adanya. Adapun yang menjadi sumber primer dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah dan guru wali kelas. Sebagai penunjang terlaksananya konsep ini Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Medan menggunakan kurikulum 2103 dan menggunakan kurikulum khas yang merupakan pengembangan dari kurikulum madrasah, yang pada pengembangannya meluaskan aspek life skill sehingga memiliki porsi yang sama dengan mata pelajaran umum. Konsep pendidikan Islam terpadu yang diimplementasikan di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Medan berorientasi pada pembentukan kepribadian dan akhlak peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Kemudian faktor penghambat yang dalam implemetasi konsep ini adalah berkaitan pada kompetensi pengetahuan keagamaan guru yang berbeda-beda hal ini disebabkan tidak semua guru memiliki latar belakang pendidikan dari lembaga pendidikan Islam.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Buchori, Mukhtar,Pendidikan Antisipatoris, (Jakarta: Kanisius, 2001), cet, 1, h. 43
Fathimah, Enung Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik), (Bandung : Pustaka Setia, 2006), h.168.
Hakim ,A.A. dan J. Mubarok, Metodologi Studi Islam, (Bandung: Rosdakarya, 1999), h. 108
Hasan, Noorhaidi dalam artikelnya berjudul Integrated Islamic School: Islamizing Formal Education In Indonesia
Siddik, Dja’far, Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2011), cet 1.h. 96
Sutrisno, Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam (Yogyakarta: Fadhilatama, 2011), h. 159.
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Presfektif Islam, (Bandung; PT. Remaja Rosdakarya, 1994), Cet-2, h. 65
Tamzil, HM, Kebijakan pemerintah kabupaten kudus untuk membangun Pendidikan Islam Terpadu (perahujagad.blogspot.com).
Zainuddin, M., “Paradigma Pendidikan Islam Holistik”, dalam ULUMUNA, VOL XV h. 74
http://rumahterapinatural.blogspot.com/2014/11/pendidikan-sekolah-islam-terpadu.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i2.293-304
Article Metrics
Abstract view : 4585 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 1733 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.