
(2) Hasanuddin Hasanuddin

*corresponding author
AbstractJenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan kejadian di lapangan sebagaimana adanya. Adapun yang menjadi sumber primer dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah dan guru wali kelas. Sebagai penunjang terlaksananya konsep ini Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Medan menggunakan kurikulum 2103 dan menggunakan kurikulum khas yang merupakan pengembangan dari kurikulum madrasah, yang pada pengembangannya meluaskan aspek life skill sehingga memiliki porsi yang sama dengan mata pelajaran umum. Konsep pendidikan Islam terpadu yang diimplementasikan di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Medan berorientasi pada pembentukan kepribadian dan akhlak peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Kemudian faktor penghambat yang dalam implemetasi konsep ini adalah berkaitan pada kompetensi pengetahuan keagamaan guru yang berbeda-beda hal ini disebabkan tidak semua guru memiliki latar belakang pendidikan dari lembaga pendidikan Islam. KeywordsImplementasi, Pendidikan Islam Terpadu, Sekolah Islam Terpadu
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/muaddib.v5i2.293-304 |
Article metrics10.31604/muaddib.v5i2.293-304 Abstract views : 4587 | PDF views : 1733 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Buchori, Mukhtar,Pendidikan Antisipatoris, (Jakarta: Kanisius, 2001), cet, 1, h. 43
Fathimah, Enung Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik), (Bandung : Pustaka Setia, 2006), h.168.
Hakim ,A.A. dan J. Mubarok, Metodologi Studi Islam, (Bandung: Rosdakarya, 1999), h. 108
Hasan, Noorhaidi dalam artikelnya berjudul Integrated Islamic School: Islamizing Formal Education In Indonesia
Siddik, Dja’far, Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2011), cet 1.h. 96
Sutrisno, Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam (Yogyakarta: Fadhilatama, 2011), h. 159.
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Presfektif Islam, (Bandung; PT. Remaja Rosdakarya, 1994), Cet-2, h. 65
Tamzil, HM, Kebijakan pemerintah kabupaten kudus untuk membangun Pendidikan Islam Terpadu (perahujagad.blogspot.com).
Zainuddin, M., “Paradigma Pendidikan Islam Holistikâ€, dalam ULUMUNA, VOL XV h. 74
http://rumahterapinatural.blogspot.com/2014/11/pendidikan-sekolah-islam-terpadu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.