IMPLIKASI TERMA AL-INSAN PADA TUJUAN PENDIDIKAN QURANI

Ahmad Nur Alam

Abstract


Secara garis besar para ahli pendidikan Islam memiliki pendapat yang sama pada tujuan pendidikan Islam yang di mana harus didasarkan pada dua konsepsi dasar di antaranya konsepsi dasar tentang manusia dan konsepsi dasar tentang tujuan Islam diturunkan. Suatu pendidikan dalam lingkup Islam dapat diartikan sebagai sesuatu yang spesifik dan terkhusus hanya untuk manusia saja. Konsekuensi yang akan didapatkan dalam memahami sebuah eksistensi manusia dan tujuan Islam itu sendiri menurut al-Qur’an, adalah kedua bagian yang tentunya sangat pundamental dan esensial dalam proses merumuskan suatu tujuan pendidikan Islam. Pada dasarnya terdapat beberapa terma manusia dengan persentasenya masing-masing. Dalam hal ini, persentase dari masing-masing terma tentunya akan berbeda. Kemudian berdasarkan terma-terma yang ada tersebut ditemukan suatu penerapannya dalam suatu tujuan pendidikan Qurani. Terma manusia sebagai Al-Insan sangat banyak dijelaskan pada al-Quran. Selain itu, terma manusia sebagai Al-Insan juga dapat dijelaskan secara umum yang tentunya memiliki pengertian yang tidak berlawanan pada apa yang dijelaskan dalam al-Quran. Hal ini dikarenakan memang terma Al-Insan ini telah disebutkan dalam al-Qur’an. Oleh sebab itu, terma al-Insan memiliki suatu kesesuaian dengan al-Qur’an. Terma Al-Insan ini dikaji cukup mendalam di dalam al-Qur’an yang di mana banyak di dalamnya mengandung arti bahwa yang dituju sebagai Al-Insan itu tidak lain atau tidak bukan adalan nabi Adam a.s.

Keywords


Manusia, Pendidikan Qurani, Terma Al-insan

References


Ali, Muhammad Daud, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996 M.

Alim, Akhmad. Tafsir.

Baghawi, Abi al-Husain Ibn Mas’ud, Tafsîr al-Baghawi; Ma’âlim al-Tanzîl, Bairut-Libanon (W. 516 H): Dâr Ibn Hazn, 2002 H.

Baqî, Muhammad Fuad Abd, al-Mu’jam al-Mufahrasy li-al-Fâz al-Qur’ân, Bairut-Libanon: Dâr al-Fiqri, 1987 M.

Jalaluddin, Filsafat Pendidikan Islam dari Zaman ke Zaman, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010 M.Katsir, Ibn. Tafsir Jilid 4.

Mâwardî, Abî al-Hasan ‘Alî bin Muhammad Habîb, al, (W. 450 H), al-Nukat wa al-‘Uyûn, Bairut: Dâr al-KUtub al-‘Ilmiyyah, 2012 M.

Nasution, Harun Dr, Prof, Akal dan Wahyu Dalam Islam, Jakarta: UI Press, 2011 M..

Qardhawi, Yusuf, Bagaiman Berinteraksi dengan Al-Qur’an, terj. Jakrta: Pustaka al-Kautsar, 2006 M.

Ramyulis, Dr, Prof, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2015 M.

Râzî, al-Imâm Fakhr al-Dîn,al, Tafsîr al-Kabîr aw Mafâtihal-Ghayb, Bairut-Libanon: Dâr al-Kutb al-‘Ilmiyyah, 1990 M.

Shihab, M. Quraish, Wawasan Islam, Bandung: Mizan, 2013 M.

Suharto, Toto, Dr, Filsafat Pendidikan Islam, al-RuzzMedia, Yogyakarta, 2014 M.

Tamam, Abas Mansur, Islamic Worldview; Paradigma Intelektual Islam, Jakarta: Spirit Media Press, 2017 M.

Tirtarahardja, Umar dan La Sulo, Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2012 M.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i2.235-244

Article Metrics

Abstract view : 498 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 637 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.