PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS VYGOTSKY TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA SD NEGERI NO. 100709 AEK PINING

Nenni Hairani Harahap, Indra Gunawan Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan pembelajaran tematik yang berlandaskan pada teori perkembangan kognitif Vygotsky terhadap perkembangan kognitif siswa di tingkat sekolah dasar. Pendekatan tematik dipilih karena kemampuannya untuk mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu ke dalam satu tema pembelajaran, sehingga sangat  relevan dengan kebutuhan perkembangan anak-ank usia sekolah dasar. Teori Vygotsky menjadi acuan  dalam penelitian ini, dengan penekanan pada konsep Zona Proksimal Perkembangan (ZPD) dan scaffolding sebagai strategi utama.Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah kuasi-eksperimen dengan desain pre-test dan post-test yang melibatkan kelompok kontrol. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa kelas IV di SD Negeri No. 100709 Aek Pining, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menerapkan pendekatan pembelajaran tematik berdasarkan teori Vygotsky, sedangkan  kelompok kontrol mengikuti metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya  peningkatan signifikan dalam kemampuan kognitif siswa dari kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pendekatan pembelajaran tematik yang didasarkan pada teori  Vygotsky memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan pengorganisasian konsep siswa. Peningkatan  ini terjadi berkat interaksi sosial yang terstruktur, peran guru sebagai mediator, dan dukungan scaffolding yang diberikan selama proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa pendekatan pembelajaran tematik yang berdasarkan teori Vygotsky terbukti efektif dalam meningkatkan perkembangan kognitif siswa sekolah dasar. Temuan ini menegaskan pentingnya pengintegrasian teori Vygotsky dalam desain kurikulum pembelajaran tematik untuk mendukung perkembangan kognitif siswa secara optimal

Keywords


pembelajaran tematik, teori Vygotsky, Zona Proksimal Perkembangan, scaffolding, perkembangan kognitif

Full Text:

PDF

References


Erna Muliastrini, Ni Ketut, Dantes Nyoman, and Dantes Gede Rasben. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dan Prestasi Belajar IPA.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3(3):254. doi: 10.23887/jisd.v3i3.14116.

Istiqamah, Wahdatun, and Mutiara Suci Ramadhani. 2024. “Kajian Teori Pembelajaran Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” 2(02).

Janaris, Asri, St Syamsudduha, and Jamilah. 2024. “Pengaruh Penerapan Teori Vygotsky Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kabupaten Sumbawa Besar.” Pinsipi Journal of Education 4(2):254–61.

Kusuma, Wening Sekar, Nur Dwi Sukmono, and Octavian Dwi Tanto. 2022. “Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Melalui Permainan Tradisonal Dakon, Vygotsky Vs Piaget Perspektif.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 6(2):67–81. doi: 10.19109/ra.v6i2.14881.

Nasihah, Zahrotun, Kartinah Kartinah, Fatonah Fatonah, and Filia Prima Artharina. 2024. “Perbedaan Model Konvensional Dan Problem Based Learning Berbantuan Media Visual Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas II SDN Mlatiharjo 01.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 4(3):972–82. doi: 10.53299/jppi.v4i3.661.

Nurcahyani, Risa Mega, Sri Utaminingsih, and Erik Aditia Ismaya. 2022. “Analisis Pembelajaran Tematik Kelas IV Pada Pembelajaran Tatap Muka Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(4):5674–84. doi: 10.31004/edukatif.v4i4.3210.

Nurhosen Nurhosen, Sayyinul Sayyinul, Rofik Iskandar, Malikal Balqis, and Miftahus Surur. 2024. “Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan 2(2):81–96. doi: 10.59031/jkppk.v2i2.324.

Pembelajaran, Terhadap, Di Kelas, Nabila Ardania, Fiki Mahya Mafaza, Imatriya Nur Jannah, Annisa Eka Putri, and Taufik Arochman. 2024. “Analisis Pengaruh Implementasi Teori Vygotsky.” 08(01):77–85. doi: 10.31002/ijel.v8i1.1328.

Suryandari, Kus. 2023. “Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Dalam Pandangan Teori Perenialisme Plato.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 5(1):67–80. doi: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3104.

Wardani, Ivo Retna Wardani, Mirza Immama Putri Zuani, and Nur Kholis. 2023. “Teori Belajar Perkembangan Kognitiv Lev Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 4(2):332–46. doi: 10.58577/dimar.v4i2.92.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v10i1.14-22

Article Metrics

Abstract view : 573 times
PDF - 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.