PEMIKIRAN-PEMIKIRAN FILOSOFIS TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Pendidikan Islam memiliki tujuan yang mendalam dan holistik, melampaui sekadar transfer pengetahuan untuk mencakup pembentukan karakter dan akhlak. Artikel ini mengkaji pengertian dan tujuan pendidikan Islam, serta pandangan para tokoh seperti Ibnu Khaldun, Ibnu Sina, dan Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah. Penelitian ini menegaskan bahwa pemahaman yang menyeluruh tentang tujuan pendidikan Islam sangat penting untuk mengatasi kesalahan persepsi mengenai pendidikan, di mana aspek kognitif sering lebih diutamakan daripada aspek afektif dan psikomotorik. Melalui tinjauan literatur, artikel ini mengidentifikasi bahwa tujuan pendidikan Islam mencakup pengembangan individu yang cerdas, berakhlak mulia, dan memiliki kesadaran spiritual. Hasil utama diskusi menunjukkan bahwa pendidikan Islam seharusnya diarahkan untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat, membentuk pribadi insan kamil, serta mengarahkan manusia sebagai khalifah fil ardh. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam tentang pendidikan Islam dan pentingnya integrasi nilai-nilai moral dalam proses pendidikan, sejalan dengan pandangan para cendekiawan sebelumnya. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan baru bagi pendidik dan praktisi dalam menerapkan tujuan pendidikan Islam secara efektif.
Keywords
References
Abu, Achmadi; Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan,. Yogyakarta: Aditya Media, 1992.
Ansari, Ansari, and Ahmad Qomarudin. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina Dan Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.” Islamika Vol.3, no. 2 (2021): hlm.134-148. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i2.1222.
Arif, Arifuddin. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Edited by Saiful Ibad. 1st ed. Jakarta: Kultura, 2008.
Daradjat;Zakiah, and Dkk. Ilmu Pendidikan Islam. XII. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016.
Haryanti, Nik. “Implementasi Pemikiran Kh. Hasyim Asy’Ari Tentang Etika Pendidik.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman Vol.8, no. 2 (2013): hlm.339-450. https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.439-450.
Hasanuddin, Mawaddah, Laela Lindi Sestia, and Muhammad Yusuf. “Hakikat Dan Tujuan Pendidikan Islam.” Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol.2, no. 2 (2022): hlm.204-213. http://ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/view/85%0Ahttp://ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/download/85/32.
Hidayah, Hikmatul Hidayah. “Pengertian , Sumber, Dan Dasar Pendidikan Islam.” Jurnal As-Said Vol.3, no. 1 (2023): hlm.21-33. https://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/141.
Mainuddin, and Lilis D Septiani. “Konsep Pendidikan Islam Perspektif Ahmad Dahlan.” Tajdid Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan Vol.6, no. 1 (2022): Hlm.1-13. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.52266.
Mustaghfiroh, Hikmatul. “Rekonstruksi Filsafat Pendidikan Islam (Mengembalikan Tujuan Pendidikan Islam Berbasis Tujuan Penciptaan Dan Tujuan Risalah).” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol.10, no. 1 (2015): Hlm.89-104. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.786.
Musyaffa Ali, Mokhamad, and Haris Abdul. “Hakikat Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Imam Al-Ghazali.” Dar-El-Ilmi Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora Vol.9 (2022): hlm.1-15. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v9i1.3033.
Nata;Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam I. JAkarta: LOgos Lencana Ilmu, 1997.
Nur, Aina, Hilmy Harahap, Siti Chairun Nisyah, Asnil Aidah Ritonga, and Ahmad Darlis. “Konsep Tarbiyah , Ta ’ Lim , Ta ’ Dib Dan Term Lainnya Dalam Al-Qur ’ an.” Al-Muaddib; Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Keislaman Vol. 9, no. 1 (2023): hlm. 9-20. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/al-muaddib/article/view/14840/pdf.
Quthb, Sayyid. Tafsir Fi Dzilal Al-Qur’an Juz XV. XV. Berut: Dar Al-Ahyat, n.d.
Rohman, Miftaku. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibn Sina Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Modern.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman Vol.8, no. 2 (2013): hlm.279-300. https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.279-300.
Sri, Syafa’ati. “Konsep Tujuan Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun Dalam Perspektif Aliran Filsafat Pendidikan Rekonstruksionalisme.” Jurnal Pendidikan Tuntas, 2016, hlm.1-98.
UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL D (2003).
Zaenudin, Jejen, and Muchamad Rifki. “Hakikat Kebenaran : Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali Dan John Dewey.” Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman Volume 9, no. Nomor 1 (2023): hlm.91-100. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/al-muaddib/article/view/15171.
Zaim, Muhammad. “TUJUAN PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QURAN DAN HADITS (Isu Dan Strategi Pengembangan Pendidikan Islam).” Muslim Heritage Vol.4, no. 2 (2019): Hlm.239-260. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v4i2.1766.
Zainuddin. “TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF INSAN KAMIL PURPOSE OF ISLAMIC EDUCATION PERSPECTIVE HUMAN KAMIL Zainuddin.” JARIAH;Jurnal Risalah Addariya, n.d., Hlm.1-8. http://e-journal.staisddimangkoso.ac.id.
Zuhairini. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT.Bumi Aksara, 1995.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i2.429-446
Article Metrics
Abstract view : 19 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.