STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM TERPADU AISYAH MAKSUM MEDAN

Dinda Chairunisa Asri, Nanda Rahayu Agustia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran agama islam, karena guru merupakan seorang profesional yang dapat membuat siswa merencanakan, menganalisis, dan mendiskusikan permasalahan. Sebab mutu pembelajaran adalah proses pembelajaran yang terencana berdasarkan metode yang berlaku saat ini dan rancangan program yang nantinya akan diajarkan kepada peserta didik, dengan tujuan untuk mencapai hasil yang baik sesuai denganĀ  yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan deskriptif dengan mewawancarai guru dan siswa sebagai informan. Peneliti menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan berbagai strategi untuk meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SD Islam Terpadu Aisyah Maksum Medan seperti pembelajaran aktif, penggunaan teknologi, pengintegrasian nilai-nilai Islam dalam mata pelajaran lain, dan pendekatan personal terhadap siswa


Keywords


Strategi, Mutu Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Aly, A., & Muhtarom, M. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar Unggulan Daar El Dzikir Bulu Sukoharjo Tahun 2016 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Asbar, A. M. (2018). Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 39 Bulukumba. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, vol 12 (1).

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, vol 13(1), 25-38.

Al Mudzaifah, E. U. (2021). Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Manajemen Kelas di SD Negeri 2 Pasaleman Kabupaten Cirebon (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, vol 21(1), 33-54.

Harmita, D., Sofiana, F., & Amin, A. (2022). Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), vol 4(5), 2195-2204.

Halimurosid, A. (2021). Kreatifitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI. TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol 1(1), 19-34.

Kosim, M. (2008). Guru dalam perspektif islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, vol 3(1).

KHAFID, M. A. (2017). Strategi Guru Pai Dalam Menggunakan Optimalisasi Buku Mentoring Terhadap Pengembangan Psikomotor Peserta Didik Di Smk N 1 Batealit Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, STAIN Kudus).

Muchlas, S. (2019). Strategi guru pai dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 10 Samarinda (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Pratama, A. E. S. (2022). Analisis Faktor-faktor Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas X SMKS Melati Hamparan Perak. Lokakarya: Journal Research and Education Studies, vol 1 (2).

Rahim, A. (2018). Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. MODELING:Jurnal Program Studi PGMI, vol 5 (2).

Rukhayati, S. (2019). Strategi Guru Pai dalam Mebina Karakter Peserta Didik SMK Al Falah Salatiga. Lp2m Press Iain Salatiga

Sanga, A., Rukajat, A., & Ramdhani, K. (2022). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar dan Menengah. Jurnal Pendidikan Tambusai, vol 6 (2).

Sulaeha, S. (2022). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPIT Ar-Rahmah. jurnal Ilmiah Pendidikan. vol 8 (1)

Subhi, R. M., & Kosim, A. (2016). Kompetensi Pedagogik Guru Dan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiyah Madaniyah, vol 6 (1)

Toatubun, F. A., & Rijal, M. (2018). Professionalitas dan mutu pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Umro, J., Stit, D., & Pasuruan, P. (2017). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Radikalisme Agama Di Sekolah. Journal Of Islamic Education (JIE), vol II (1).

Vitriana, E. (2017). Peranan Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di SMP Karya Bhakti Lampung Timur (Doctoral dissertation, IAIN Metro).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i1.282-300

Article Metrics

Abstract view : 360 times
PDF - 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.