KEPEMIMPINAN OTORITER DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Nisfu Kurniyatillah, Shafa Editya Rachmawati, Amirah Amirah, Nondini Saputri Sulaiman

Abstract


The type of leader becomes an important entity in the management of islamic education. Surely, then, ongoing leadership should have a particular type of leadership that is expected to be able to bring wealth to the institutions or organizations it leads. As the educational organizers have already known that good leadership will deliver institutions to good qualities as well. As for this research, it focuses on the existence of authoritarian leadership in islamic education management. The study aims to identify forms of authoritarian leadership and the effect of its application in islamic institutions, and in this study researchers use a qualitative descriptive approach by reviewing the related literature. The results of the study indicate that authoritarian leadership is not appropriate to be adopted within islamic institutions for long periods of time, given that the good effects they have are very small and are more dominated by adverse effects. Researchers have thus revealed that it is necessary to recondition to eliminate and exclude the presence of this type of authoritarian leadership within the islamic institutions of education.


Keywords


Authoritarian; Education; Islam; Management

References


Anwar, Ahmad, „Tipe Kepemimpinan Profetik Konsep dan Implementasinya dalam Kepemimpinan di Perpustakaan‟, Pustakaloka, 9 (2018), 69-82.

Afandi, Rahman, Kepemimpinan dalam Pendidikan Islam, INSANIA, 18 (2013), 95-116.

Atiqullah, Manajemen & Kepemimpinan Pendidikan Islam (Surabaya: Pena Salsabila, 2012).

Baharudin, dan Umiarso, Kepemimpinan Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012)

Fauzi, Ahmad, Manajemen Pendidikan Islam di Pesantren; Berbasis Kearifan Lokal Kajian Fenomenologis, Seminar Nasional Pendidikan-Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, (2017), 51-62.

Hamidi, Urgensi Kepemimpinan dalam Manajemen Pendidikan Islam, Idarah, 1 (2018), 102-114

Husaini, dan Fitria, Happy, Manajemen Kepemimpinan dalam Lembaga Pendidikan Islam, JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 4 (2019), 43-54.

Ikhwan, Afiful, Sistem Kepemimpinan Islami: Instrumen Inti Pengambil Keputusan pada Lembaga Pendidikan Islam, ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (2018), 111-154.

Karimah, Ummah, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, ALMURABI, 2 (2015), 88-110.

Kurniasari, Evi, Pengambilan Keputusan ditinjau dari Tipe Kepemimpinan, Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman, 1 (2012), 60-80.

Khamdani, Puji, Kepemimpinan dan Pendidikan Islam, Jurnal Madaniyah, 7 (2014), 259-276.

Mahmud, Muchammad Eka, Motif Penyelenggaraan Pendidikan Islam dan Implikasinya pada Pola Manajemen dan Kepemimpinan, Dinamika Ilmu, 12 (2012), 1-18.

Marlina, Leny, Tipe-tipe Kepemimpinan dalam Manajemen Pendidikan, TA’DIB, 18 (2013), 215-227.

Martinis, Maisah Yamin, Standarisasi Kinerja Guru (Jakarta: Gaung Persada Press, 2019)

Maya, Herlinda, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Otoriter Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Kerja dan Stress Kerja Karyawan Perusahaan X di Blitar, Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis, (2016), 179-190.

Maya, Herlinda, Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Otoriter Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Kerja Dan Stres Kerja Karyawan Institusi “X” Di Kediri, Jurnal Bisnis Managemen dan Perbankan, 2 (2016), 15-30.

Maya, Rahendra, dan Lesmana, Iko, Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. tentang Manajemen Pendidikan Islam, Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1 (2018): 291-316.

Megasari, Pengaruh Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunung Kidul. Skripsi, dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta, (2016).

Melinda, Adelia, Gaya Komunikasi Pemimpin Tim Sales-II Asri Motor Group Surabaya dalam Pencapaian Target Tim, Jurnal E-Komunikasi, 5 (2017), 1- 14.

Mukhlasin, Ahmad, Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0, Jurnal Tawadhu, 3 (2019), 674-692.

Mulyani, Fitri, Konsep Kompetensi Guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam), Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 3 (2009), 1-8.

Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, cet. 8, 2006)

Nuraini Endah Kusumastuti, Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Otoriter terhadap Subjective well-being Pada Karyawan. Skripsi, dipublikasikan. Universitas Senata Darma Yogyakarta, (2016).

Ony, Johan Gunady, dan Rinamurti, Micheline, Kepemimpinan Otokratis dan Kompetensi Wirausaha pada Perusahaan Berbasis Keluarga, Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers: Manajemen, Akuntasi, dan Perbankan, 1 (2018), 196-208.

Purwanto, Agus, dkk, Gaya Kepemimpinan di Madrasah Aliyah: Authentic, Transformational, Authoritarian atau Transactional, Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (2020), 15-31.

Purwanto, Agus, dkk, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transactional, Transformational, Authentic, dan Authoritarian terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah di Kudus, Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4 (2020), 70-80.

Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006)

Shomad, Abdul, dan Sunarko, Agus, Kepemimpinan Efektif Kepala Madrasah pada Badan Pelaksana Pendidikan (BPP) Ma‟rif NU Raudatul Mu‟allimin Wedung Demak (Studi Kasus di MTs NU dan MA NU Raudatul Mu‟allimin Wedung Demak), QUALITY, 4 (2016), 290-309.

Sumarto, Kepemimpinan dan Urgensi Peranan Informasi dalam Manajemen Pendidikan Islam, An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam, 3 (2016), 135-160.

Suwardi, dan Samino, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Kota Madiun, Jurnal Manajemen Pendidikan, 9 (2014), 186-195.

Syadzili, Rusydi, Muhammad Fatih, Model Kepemimpinan dan Pengembangan Potensi Pemimpin Pendidikan Islam, CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 4 (2018), 127-136.

Syafar, Djunawir, Teori Kepemimpinan dalam Lembaga Pendidikan Islam, TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (2017), 147-155

Wahjosunidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002)

Winarto, Dwi, Pemimpin yang Melayani Menurut Kisah Para Rasul 6-13, Jurnal Teruna Bhakti, 2 (2019), 8-14.

Wuradji, The Educational Leadership (Kepemimpinan Transformational) (Yogyakarata: Gama Media, 2009)

Zumantara, Ariep. Kepemimpinan Otoriter. 2015. https://www.scribd.com/doc/256613145/Kepemimpinan-Otoriter [5 Mei 2020].




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.160-174

Article Metrics

Abstract view : 84 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.