METODE NASEHAT PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Penelitian perpustakaan (library research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan bahan-bahan yang diperoleh dari perpustakaan buku, menggunakan analisis isi yang menganalisis pesan-pesan yang diperoleh melalui simbol-simbol seperti artikel, buku, dan sebagainya. Pesan itu ditangkap secara kritis dengan langkah-langkah deskriptif, interpretatif, kritis, komparatif dan konklusif.
Dengan menggunakan metode dan langkah-langkah di atas, hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut; (a) akhlak menempati posisi yang sangat mendesak dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, diharapkan pengembangan dan perumusan metode pengembangan moral yang sesuai; (b) prinsip-prinsip penerapan metode saran berdasarkan pada prinsip pengetahuan tingkat perkembangan fisik dan psikologis siswa, motivasi, kondisi dan situasi proses pembelajaran, model peran, pemahaman tujuan pendidikan, dan prinsip-prinsip pengetahuan untuk individu perbedaan pada siswa; (c) penerapan metode saran dapat dilakukan sesuai dengan kondisi dan situasi yang sangat luas karena metode ini adalah pemula / pendahuluan dan mencakup semua metode yang tersedia.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abudrrahman Nahlawi, Prinsip-prinsip dan Metode; Dalam Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat, terj. Herry Noer Aly, Bandung: CV Diponegoro, 1992
Ali al-Jumbulatiydan abu al-fath al-Tawanisy, al-Ushul Hadisah Li tadris Lughah al-Arabiyah wa al-Tarbiyah al-Diniyah, Qahirah: Dar al-Nahdhah Masr Li Ittiba’ah wa al-Nashr, 1971
Arifin, H.M., Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdsarkan Pendekatan Interdisipliner, edisi revisi, ed. Fauzan Asy, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Armai Arief, Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002
Departemen Agama, Agama dan Pembangunan di Indonesia, Jakarta: Biro Hubungan Masyarakat, 1972
Hamzah Ya’cub, Etika Islam, Bandung: CV Diponegoro, 1983
Imam Jalaluddin Abdu al-Rahman al-Suyuthiy, al-Jami’ al-Shaghir, Maktabat Dar al-Ihya
Muhammad Abdu Rahim Ghunaimah, tarikh al-Jami’at al-Islamiyah al-Kubra, Maroko: Dar al-Ittiba’ah al-Maghribiyah, 1953
Muhammad Athiyyah al-Abrasiy, Ruh al-Tarbiyah Wa al-Talīm, Kairo: Isa al-Baby al-Halaby
Muhammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2004
Muhammad Oumar al-Tomiy al-Syabaniy, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan-Bintang, 1997
Najib Khalid Amar, Tarbiyah Rasulullah, terj. Ibn Muhammad dan Fakhruddin Nursyam, Jakarta: Gema Insani Press, 1994
Omar Muhammad al-Thoumiy al-Syaibaniy, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang
Omar Muhammad al-Thoumiy al-Syaibaniy, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan-Bintang, 1979
Quraish Shihab, Muhammad, Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an, Ciputat: Lentera Hati, cet.ke-3, 2005
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2006
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005
Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam; Pendekatan Teoritis dan Praktis, Jakarta: Ciputat press, 2002
Samsul Nizar, Memperbincangkan Dinamika Intelektual dan Pemikiran HAMKA tentang Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008
Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 1995
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.53-64
Article Metrics
Abstract view : 10614 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 5236 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.