PELAKSANAAN TAHFIZH AL-QUR’AN SEBAGAI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP ISLAM TERPADU DARUL HASAN PADANG SIDEMPUAN

Nurul Khotimah Siregar, Darliana Sormin, Rawalan Harapan Gaja

Abstract


Tahfizh Al-Qur’an merupakan mata pelajaran yang berada dalam kurikulum JSIT. Menariknya, Tahfizh Al-Qur’an tidak hanya sekedar cabang MTQ ataupun mata pelajaran bagi SMP IT Darul Hasan, namun juga sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan serta kendala dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Tahfizh Al-Qur’an di SMP IT Darul Hasan. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yaitu dengan melakukan pengamatan dan wawancara terstruktur kepada informan penelitian sebagai teknik pengumpulan data. Hasil wawancara tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan disajikan secara naratif. Hasil analisis dan pembahasan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Tahfizh Al-Qur’an sebagai kegiatan ekstrakurikuler di SMP IT Darul Hasan merupakan sebagai salah satu upaya pencapaian visi misi sekolah dan sebagai penekanan mata pelajaran Tahfizh Al-Qur’an yang ada dalam kurikulum SMP IT Darul Hasan. Sementara itu, kendala dalam pelaksanakan ekstrakurikuler Tahfizh Al-Qur’an di SMP IT Darul Hasan yaitu kurangnya waktu pada saat pelaksanaannya dan terahlikannya fokus siswa. Pembina kegiatan ekstrakurikuler Tahfizh Al-Qur’an mengalami kesulitan dalam membagi waktu dua jam untuk setoran empat belas orang siswa. Upaya yang dilakukan oleh guru pembina esktrakurikuler Tahfizh Al-Qur’an adalah dengan menambahkan waktu pada saat pelaksanaan Tahfizh Al-Qur’an dan mengkondusifkan kelas kembali.

Keywords


Tahfizh Al-Qur’an, Kegiatan Ekstrakurikuler, Sekolah Islam Terpadu.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal. "Kontribusi jaringan sekolah islam terpadu (JSIT) dalam pengembangan pendidikan di Indonesia." Tapis: Jurnal Penelitian dan Ilmiah Vo.6 No.2, 2022: 121.

Asep Herry Hermawan, dkk. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

Aziz, Abdul, and Abdul Rauf. Kiat sukses menjadi hafidz Al-Al-Qur’an Da'iyah. Bandung: Syaami Cipta Media, 2004.

Badrudin. Manajemen peserta didik. Jakarta: Indeks, 2014.

Bungin, Burhan. Analisis data penelitian kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

"JDIH." kemdikbud.go.id. n.d. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud%20Nomor%2062%20Tahun%202014.pdf (accessed Juni 03, 2023).

Mulyono. Manajemen administrasi dan organisasi pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Penelitian Tindakan Kelas. n.d. http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/search?q=ekstrakurikuler (accessed Juni 03, 2021).

Ramadhani, Wahyuni. "Urgensi pembelajaran tahfizh Al-Al-Qur’an di era 4.0." Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No.2, 2022.

Suyatno. "Sekolah Islam terpadu: filsafat, ideologi, tren baru pendidikan Islam di Indonesia." Jurnal pendidikan Islam, 2013: 362.

Zamzani, Zaki, and M. Syukron. Menghafal Al-Al-Qur’an itu gampang. Jakarta: Mutiara Media, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i1.204-214

Article Metrics

Abstract view : 46 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.