STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGOPTIMALKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK MIS AL-WASHLIYAH MEDAN SUNGGAl
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengoptimalkan akhlakul karimah peserta didik Madrasah Ibtidaiyyah Swasta (MIS) Al-Jam`iyatul Washliyah Medan Sunggal, 2) faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam mengoptimalkan akhlakul karimah peserta didik Madrasah Ibtidaiyyah Swasta (MIS) Al-Jam`iyatul Washliyah Medan Sunggal. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyyah Swasta (MIS) Al-Jam`iyatul Washliyah Medan Sunggal dengan waktu penelitian dimulai dari bulan Juni 2023 sampai Desember 2023. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan termasuk jenis penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan. Sumber data penelitian yaitu data primer dan sekunder serta teknik pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di MIS Al-Washliyah mengimplementasikan strategi pembelajaran yang variatif dan interaktif, melibatkan peserta didik dalam pembelajaran berbasis proyek, memanfaatkan aktivitas ekstrakurikuler, dan mengaktifkan peran serta orang tua serta masyarakat dalam proses pendidikan. Penelitian ini menemukan bahwa pendekatan holistik dan integratif dalam pendidikan akhlakul karimah, yang tidak hanya terfokus pada transfer pengetahuan tetapi juga pada praktik nyata nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, menjadi kunci dalam mengoptimalkan pembentukan karakter peserta didik. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan bagi praktisi pendidikan, khususnya dalam konteks pendidikan agama, tentang pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang komprehensif dan partisipatif dalam membentuk akhlakul karimah yang merupakan aspek penting dari pendidikan karakter
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhyak, 2005. Profil Pendidikan Sukses. Surabaya : Elkaf.
Arifin, M. (1991). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Athiyah al-Abrasyi, Muhammad. (1970). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang,
Darajat, Zakiah. (2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Mulyasa, E. (2008). Menjadi guru prefesional Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. PT Remaja Rosdakarya.
Nata, Abuddin. (1997). Filsafat Pendidikan Islam I. Jakarta: Logos Wacana Ilmu
¬¬¬¬¬____________. (2011). Akhlak Tasawuf. Jakarta: Rajawali Press.
Nurdin, Muhammad. (2008). Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Nurhasan, Pola Kerja sama Sekolah Dan Keluarga dalam Pembinaan Akhlak, Jurnal Al-Makrifat Vol 3 No 1, April 2018
Sesra Budio, “Strategi Manajeman Sekolah”, Jurnal Menata, Volume 2, Nomor 2, Juli-Desember 2019
Wassid, Iskandar dan Sunedar, Dadang. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i1.192-203
Article Metrics
Abstract view : 38 timesPDF - 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.