INOVASI PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS PESANTREN MODERN DARUL IHSAN (STUDI KASUS MERDEKA BELAJAR)

Annisa Bunga Zahira S, Hadi Saputra Panggabean

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang penerapan inovasi pelajaran Akidah Akhlak di Pesantren Modern Darul Ihsan 2) Mengembangkan Strategi dan model akidah akhlak berbasis kearifan lokal dan membangun karakter dan Implementasi kurikulum merdeka belajar dapat membantu membangun karakter dan profil pelajar pancasila melaui pembelajaran yang berpusat pada siswa, kreatif, dan inovatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyyah (MTs) Hamparan Perak. Waktu Penelitian dimulai dari Bulan Desember 2023 sampai Januari 2024. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskristif kualitatif dan termasuk jenis penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata –kata yang tertulis dan lisan. Sumber data penelitian yaitu data primer dan sekunder serta teknik pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Keywords


Inovasi Pembelajaran, Aqidah Akhlak, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, Dian Andayano, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi : Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2004, cet (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)

Ainiyah, Nur, ‘Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam’, Al-Ulum, 13.1 (2013), 25–38

Ananda, Rusydi and Amiruddin, Amiruddin, Inovasi Pendidikan: Melejitkan Potensi Teknologi Dan Inovasi Pendidikan. (Widya Puspita, 2017)

Ananda, Rusydi, Amiruddin Amiruddin, and Ed Muhammad Rifa’i, ‘Inovasi Pendidikan: Meleijitkan Potensi Teknologi Dan Inovasi Pendidikan’, 2017

Arifin, Syamsul, Nurul Abidin, and Fauzan Al Anshori, ‘Kebijakan Merdeka Belajar Dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Desain Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7.1 (2021), 65–78

Hasan, Moch Sya’roni, and Mutakim Mutakim, ‘Manajemen Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs At-Taufiq Bogem Diwek Jombang’, Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 3.2 (2019), 113–35

Hidayat, Syarif, Ria Wulandari, and Salsabila Matondang, ‘ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN AQIDAH DALAM PENGUATAN AQIDAH ANAK PADA ANAK USIA SD’, AL-URWATUL WUTSQA: Kajian Pendidikan Islam, 2.2 (2022), 110–18

Makasihu, Dinda Dahlia, Buhari Luneto, and Lian Gafar Otaya, ‘Inovasi-Inovasi Terhadap Pendidikan Agama Islam’, Al-Bahtsu, 6.1 (2021), 10–15

Mardhatillah, Annisa, Elisa Novianur Fitriani, Siti Ma’rifah, and Adiyono Adiyono, ‘Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sma Muhammadiyah Tanah Grogot’, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 2.1 (2022), 1–17

Marzuki, Ahmad, and Achmad Yusuf, ‘Inovasi Kurikulum PAI Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Karo Di Wilayah Suku Tengger’, KABILAH: Journal of Social Community, 4.1 (2019), 1–14

Pusmendik, ‘Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila’, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2021, 1–108

Setiawati, Fenty, ‘Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Terhadap Pembelajaran Di Sekolah’, NIẒĀMULILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7.1 (2022), 1–17

Tim LP3M Universitas Tanjungpura, Buku Pedoman Metode Berbasis Proyek (Tanjung Pura: Lembaga Pengembangan dan Jaminan Mutu (LP3M), 2021)

Triani, Dewi Agus, ‘Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Jigsaw Di Perguruan Tinggi’, Universum, 10.2 (2016), 219–27

Wannesia, Bunga, Fanni Rahmawati, Faridatun Azzahroh, Figo Muhammad Ramadan, and Monica Elma Agustin, ‘Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Era Society 5.0’, Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16.2 (2022), 232–34

Widiyono, Mind Mapping Strategi Yang Menyenangkan, Lima Aksara, 2021

Widygea Marbella, Hanna, and Rusman Risalah, ‘Implementasi Pembelajaran Merdeka Belajar Pada PAI Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Kreativitas Siswa’, Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9.2 (2023), 760–74




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i1.186-200

Article Metrics

Abstract view : 417 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.