STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI MAS ISLAMIYAH SUNGGAL

Ayu Wulandari S, Nurhalimah Tambunan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI di MAS Islamiyah Sunggal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa kelas XI di MAS Islamiyah Sunggal bervariasi, mulai dari masalah konsentrasi, pemahaman materi, hingga masalah sosial-emosional. Untuk mengatasi hal tersebut, guru-guru di MAS Islamiyah Sunggal telah menerapkan beberapa strategi, antara lain penerapan pembelajaran yang lebih interaktif dan aplikatif, penggunaan metode pembelajaran yang variatif, peningkatan komunikasi dengan siswa dan orang tua siswa, serta penyediaan bimbingan konseling. Penelitian ini juga menemukan bahwa keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran dan dukungan moral dari guru sangat berpengaruh dalam mengatasi kesulitan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh guru di MAS Islamiyah Sunggal cukup efektif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, namun masih memerlukan pengembangan dan inovasi secara berkelanjutan untuk menghadapi berbagai tantangan pembelajaran yang dinamis.


Keywords


Strategi Guru, Kesulitan Belajar, MAS Islamiyah Sunggal, Pembelajaran Interaktif, Bimbingan Konseling

Full Text:

PDF

References


A.Rusdiana dan Yeti Heryati.( 2015). Pendidikan profesi keguruan. (Bandung: CV.Pustaka Setia)

Athik Hidayatul Ummah.(2021). Komunikasi korporat Teori dan Praktis. Bandung:Widina Media Utama.

Hasbi, I (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan teori dan praktik). Bandung:Widina bakhti persada.

Ika Maryani, dkk.( 2018). Model Intervensi gangguan kesulitan belajar. Yogyakarta:K-Media.

Jamil auprihatiningrum. (2016). Kualifikasi & kopetensi guru. Yogyakarta,Ar Ruzz Media

K.Kamil, N.Tambunan (2023). Peningkatan penggunaan sumber belajar melalui power point pada madrasah Aliyah islamiyah sunggal. Journal Of Social Science Research 3 (5), 7743-7748

N.Tambunan, S.Ritonga, HS.Panggabean, Motifasi berbasis komunikasi, (Pendekatan orang tua kepada anak). Eureka media aksara (2022)

Rahmad, Hidayat, dan Abdillah. (2019), ilmu pendidikan: konsep, teori, apikasinya. Medan:lembaga peduli pengembangan pendidikan indonesia.

Sesra Budio,2019:58.Sesra Budio, “Strategi Manajeman Sekolah”, Jurnal Menata, Volume 2, Nomor 2, Juli-Desember (2019)

Slameto, (2017). Peningkatan kinerja guru melalui pelatihan beserta ffaktor penentunya, J. Pendidik. Ilmu Sos., vol. 27,no. 2, pp. 38-47,2017.

Supriani,Y. (2022). Peran manajemen kepemimpinan dalam pengelolaan lembaga pendidikan islam.

Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan pendidikan diera disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah ilmu pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i1.171-185

Article Metrics

Abstract view : 596 times
PDF - 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.