KREATIVITAS PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN AKHLAK SISWA DI SMA AR-RAHMAN HELVETIA

Wirawijaya Wirawijaya, Danny Abrianto

Abstract


Penelitian ini mengangkat fenomena yang terjadi dikalangan siswa khususnya siswa SMA Ar-Rahman Helvetia dengan beberapa permasalahan yaitu Upaya guru PAI dalam mengembangkan akhlak siswa.Jenis penelitian ini adalah kualitatif,yang bersifat deskriftif.Subjek penelitian yaitu Guru PAI,Kepala Sekolah dan siswa SMA Ar-Rahman.Data diperoleh dari data primer (langsung) melalui observasi, wawancara di SMA Ar-Rahman Helvetia.Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Humberman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa,media pembelajaran sebagai kreativitas yang dilakukan Guru PAI dalam mengembangkan akhlak siswa banyak menuai dampak positif bagi siswa, bukan hanya memaksimal pembelajaran dimata pelajaran agama islam namun siswa lebih mampu dalam bagaimana menerapkan akhlak yang baik sesuai dengan materi yang diajar.Tujuanya siswa dituntut bukannya hanya sekedar tau namun juga mampu dalam mengaplikasikannya.Keberhasilan media ini ditandai dengan meningkat hasil belajar siswa dimata pelajaran agama islam dan mampunya seorang siswa dalam menerapkannya seperti lebih menghargai guru dan memiliki etika dalam berbicara baik dengan guru maupun temannya.


Keywords


Kreativitas Guru, Media Pembelajaran, Akhlak

Full Text:

PDF

References


Abrianto, D., & Sitompul, H. (2014). Penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dan sikap inovatif terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan.

Abrianto, D., Tumiran, T., & Panggabean, H. S. (2023). Optimalisasi Penggunaan Google Classrom Dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Media Pembelajaran pada Guru MAS Tarbiyyah Islamiyah Hamparan Perak. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Ahmad Tafsir (2002),Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya).

Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam.

Hasan Basri dan Beni Ahmad Saebani (2010).Ilmu Pendidikan Islam (Jilid II),(Bandung: Pustaka setia).

M.Nur Ghufron dan Rini Risnawati (2016), Teori-Teori Psikolog,Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhammad Ali dan Muhammad Asrori (2016),Psikologi Remaja( Perkembangan Peserta Didik), (Jakarta: Bumi Aksara).

Mutmainah, H.,& Arifin, S. (2021). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Aktif dan Kreatif di Madrasah Aliyah Darul Ulum Banyuanyar Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan.

Prihadi, E. (2018). Pengembangan Keterampilan 4c Melalui Metode Poster Comment Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti (Penelitian di SMA Negeri 26 Bandung).

Ramayulis dan Syamsul Nizar (2010).Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya.(Jakarta: Kalam Mulia).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i1.139-154

Article Metrics

Abstract view : 683 times
PDF - 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.