IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 BELITANG HILIR

Kunaenih Kunaenih, šš‚šš‘šš’šššš’ššš NššŠšš—ššššŠ

Abstract


Para guru sebagai tenaga pendidikan sering mengalami masalah dalam penerapan kurikulum dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena satu kurikulum belum benar-benar dipahami dan diterapkan dengan baik, sudah muncul kebijakan baru tentang perubahan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Belitang Hilir berdasarkan aspek manajemen kelas, durasi belajar, media pembelajaran, metode mengajar, serta pencapaian ranah kognitif dan psikomotorik siswa. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) manajemen kelas guru belum maksimal; (2) pemanfaatan durasi belajar belum optimal; (3) penggunaan media pembelajaran monoton; (4) metode mengajar didominasi ceramah; (5) capaian kognitif dan psikomotorik siswa masih rendah. Rekomendasi yang diberikan antara lain peningkatan keterampilan guru dalam manajemen kelas, pengelolaan waktu mengajar, penggunaan media pembelajaran inovatif, penerapan metode mengajar interaktif, serta perancangan pembelajaran dan penilaian otentik.


Keywords


Kurikulum Merdeka, Manajemen Kelas, Media Pembelajaran, Metode Mengajar, Kognitif, Psikomotorik

Full Text:

PDF

References


Indriani, N. E. P., & Sulaiman, A. Analysis of Student Response to Face-to-Face Learning After the Covid-19 Pandemic. PAKAR Pendidikan,. 2023. 21(1). 72ā€“81.

Istirani, & Pulungan, I. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada., 2018.

Muslihin, H. Y., Loita, A., & Nurjanah Dea Siti. Instrumen Penelitian Tindakan Kelas Untuk Peningkatan Motorik Halus Anak. Jurnal PAUD Agapedia, (2022). 6(1), 95ā€“101.

Nugraha, T. S. Inovasi Kurikulum. Jurnal UPI., 2022. 250ā€“261.

Rinja Efendi dan Delita Gustriani, Manajemen Kelas di Sekolah Dasar. Jawa Timur: IKAPI.( 2020),

Syaiful, B. Dj., dan Zain, A., Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002).

Umami, N, F. R. Dampak Program Kampus Mengajar Bagi Peningkatan Soft Skill Kemampuan Interpersonal) Dan Hard Skill (Kemampuan Intelektual) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI. Jurnal Pendidikan Ekonomi., 2022. 15(2), 94ā€“104.

Usanto, S. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Cakrawala Repositori IMWI,. 2022. 5.

Usman, U., Dkk. Pemahaman Salah Satu Guru Di Man 2 Tangerang Mengenai Sistem Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp),. 2022. 5(1).

Wibawa, K. A., Dkk. Meningkatkan Pemahaman Guru Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Direct Interactive Workshop. Jurnal Cakrawala Ilmiah., 2022. 2(2), 489ā€“496.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i1.118-138

Article Metrics

Abstract view : 665 times
PDF - 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.