STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN SHALAT LIMA WAKTU PADA KELAS XII DI SMA AR RAHMAN MEDAN

Mulia Maksum, Hadi Saputra Panggabean

Abstract


Kegiatan sholat merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di SMA Ar Rahman, sebagai langkah pembiasaan dalam berdisiplin melaksanakan sholat lima waktu untuk menanamkan nilai-nilai disiplin beribadah kepada siswa. Kegiatan sholat berjama’ah ini merupakan salah satu cara yang dilakukan pihak sekolah sebagai pembinaan disiplin beribadah. Strategi yang diberikan guru pendidikan agama Islam di SMA Ar Rahman cukup baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peranan bimbingan sholat lima waktu Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Kedisiplinan Beribadah seperti sholat lima waktu. Metode yang digunakan adalah kualitatif yaitu kombinasi pengamatan lapangan dengan kualifikasi data. Peneliti menggambarkan mengenai status suatu pendekatan kualitatif dan kemudian dilakukan interprestasi dan penjabaran data dari informasi lapangan yang didapatkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.

Hasil penelitian strategi guru pai dalam menanamkan kedisiplinan shalat lima waktu pada kelas XII di SMA Ar Rahman sudah baik dan benar, hal ini dapat dilihat mereka dapat mempraktikkan shalat dengan benar sesuai syarat dan rukunya, dan mereka dapat menjawab soal materi shalat di dalam kelas, juga dapat dilihat bahwa mereka menghidupkan nilai-nilai Islam.


Keywords


Strategi, kedisiplinan, shalat lima waktu.

Full Text:

PDF

References


Haji, Kiai, Achmad Siddiq, Program Studi, Pendidikan Agama, and Faris Aulia Rahman, ‘PENERAPAN MEDIA BUKU KEJUJURAN DALAM MENINGKATKAN PEMBINAAN IBADAH SHALAT SISWA DI SMP NEGERI 1 AMBULU JEMBER SKRIPSI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN JUNI 2023 SISWA DI SMP NEGERI 1 AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023’, 2023

Ii, B A B, ‘Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007, 126’

Jawawi, Abdullah, ‘Hadits Perintah Shalat Pada Anak Usia 7-10 Tahun Dalam Perspektif Psikologi Perkembangan’, An-Nisa’, 13.1 (2020), 777–84

Marzan, Husni, ‘Strategi Pembiasaan Ibadah Melalui Șalat Ḑuha Dan Ẓuhur Berjamaah Di Sd Islam Laboratorium Neuheun Aceh Besar’, 2021, 1–210

Saleh, Rahman, ‘Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Pengalaman Salat Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMA Negeri 3 Luwu Timur’, 2022, 44

Suyudi, Muhamad, and Nasrul Wathon, ‘Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Karakter Siswa’, QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12.2 (2020), 195–205

Yasyakur, Moch., ‘Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu’, Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 5.09.2 (2017), 1185–1230




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i1.81-90

Article Metrics

Abstract view : 456 times
PDF - 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.