METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH SMA PANCA BUDI MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang metode pembelajaran yang diterapkan SMA Panca Budi Medan dalam bidang studi pendidikan agama Islam. Pendidikan agama Islam sebagai salah satu mata pelajaran yang memegang peranan penting dalam pendidikan dikarenakan pendidikan agama Islam harus di tanamkan sejak dini kepada generasi Islam saat ini oleh karena itu dalam memudahhkan para siswa dalam mempelajari pendidikan agama Islam diterapkanlah berbagai metode pembelajaran. Pendidik harus menggunakan metode pembelajaran yang menarik agar para siswa didik dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Metode pembelajaran merupakan representasi metode pembelajaran yang berisi seperangkat strategi pembelajaran yang terintegrasi dan di deskripsikan secara detail sebagai panduan dalam melaksanakan praktek pembelajaran. Dari hasil penelitian ditemukan tiga macam model pembelajaran pada studi pendidikan agama Islam yaitu ceramah, tanya jawab, dan diskusi kelompok.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid, Dhea, 2019. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Berbasis Blended Learning, Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4 No. 1.
Afandi Muhammad dkk, 2013. Model Dan Metode Pembelajaran di Sekolah,Semarang: Unissula Press.
Ahyat, Nur, 2017. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Edusiana: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Vol. 4 No. 1.
Basri, Amin dkk,2022. Junior High School Education System in Islamic Boarding School Environment Area, EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e- Journal), Vol. 10 No. 2. .
Harahap, Nursapiah, 2020. penelitian kualitatif, Medan: Wal Ashri Publishig.
Made Sueni, Ni, 2019. Metode, Model Dan Bentuk Model Pembelajaran (Tinjauan Pustaka), Majalah Ilmiah Tentang Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya. Vol.19 No.1.
Mafatichul Asror, Fuad dkk, 2017. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Edusiana: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Vol. 4 No. 1.
Rahman, Abdul, 2021. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Riset, Pekan Baru: Guepedia.
Safira dkk, 2021. Analisis Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Perkembangan Bahasa Anak, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Vol. 6 No. 1.
Wirabumi, Ridwan , 2020. Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET). Vol. 1. No. 1.
Yakin, Ainul, 2020. Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Islam, In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), Vol. 1, No. 1.
Yusuf Aditya Dedy, 2016, Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa , Jurnal SAP, Vol. 1 No. 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i1.69-80
Article Metrics
Abstract view : 513 timesPDF - 113 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.