HAKIKAT KEBENARAN: STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN AL-GHAZALI DAN JOHN DEWEY TENTANG PENDIDIKAN

Supriyadi Supriyadi, Jejen Zaenudin, Hermawati Hermawati, Danuri Danuri, Muchamad Rifki

Abstract


Penelitian ini membahas hakikat kebenaran dalam konteks pendidikan melalui studi komparatif terhadap pemikiran Al-Ghazali dan John Dewey. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pendekatan studi pustaka, penelitian ini bertujuan untuk memahami pandangan keduanya mengenai pendidikan sebagai hakikat kebenaran. Analisis data dilakukan melalui analisis konten dan analisis komparatif untuk mengidentifikasi persamaan, perbedaan, dan implikasi dari sudut pandang keduanya. Hasil penelitian ini memberikan wawasan mendalam mengenai konsep kebenaran dalam konteks pendidikan, merinci perspektif Al-Ghazali yang mencakup aspek spiritual dan nilai-nilai Islam, serta pandangan John Dewey yang lebih menekankan pada pengalaman, eksperimen, dan kebebasan berpikir. Kesimpulan dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi pemahaman yang lebih holistik tentang hakikat kebenaran dalam pendidikan dengan melibatkan perbandingan antara pemikiran dua tokoh ini.

Keywords


The Nature of Truth; Education; Al-Ghazali; John Dewey.Kata Kunci: Hakikat Kebenaran; Pendidikan; Al-Ghazali; John Dewey

Full Text:

PDF

References


Amarullah, Risal Qori. “Kebenaran Ilmiah.” Edusifa: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (13 Juni 2023). https://doi.org/10.56146/edusifa.v9i1.106.

Arifin, Nur. “Pemikiran Pendidikan John Dewey.” As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga 2, no. 2 (21 April 2020): 168–83. https://doi.org/10.47467/as.v2i2.128.

“Arti kata hakikat - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.” Diakses 31 Desember 2023. https://kbbi.web.id/hakikat.

Artika, Lidia, M. Yaffi Rabbani, Muhammad Ridho Rizky Nafis, Nursyahri Siregar, dan Indra Gusnanda. “Biografi Tokoh Tasawuf Al-Ghazali.” Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan 1, no. 2 (19 Juni 2023): 29–55. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.108.

Fathorrahman. “Filsafat Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Ghazali Dan Ibnu Khaldun.” Tafhim Al-’Ilmi 10, no. 2 (1 Mei 2019): 108–20. https://doi.org/10.37459/tafhim.v10i2.3427.

Long, Maria Lodika, dan Omiano Sabu. “ANALISIS PEMIKIRAN JOHN DEWY TENTANG REFORMASI PENDIDIKAN.” Journal Development and Research in Education 2, no. 1 (2 Maret 2022): 10–17.

Mukit, Abdul. “Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali: Studi Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuha al-Walad.” Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies 2, no. 1 (30 Maret 2019): 49–68. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v2i1.3384.

Novarita, Novarita, Rosmilani Rosmilani, Agnes Agnes, Irmania Jome’, dan Eta’ Tikadang. “ANALISIS PELAKSANAAN TEORI PROGRESIVISME JOHN DEWEY DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN.” JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN 1, no. 6 (31 Agustus 2023): 529–40.

Rifki, Muchamad, Sofyan Sauri, Aam Abdussalam, dan Udin Supriadi. “Students’ Religious Character Development Based on Exemplary: Study at MA Miftahul Huda Subang.” Specialusis Ugdymas 1, no. 43 (29 Agustus 2022): 7771–87.

Safitri, Diana, Zakaria Zakaria, dan Ashabul Kahfi. “PENDIDIKAN KECERDASAN SPIRITUAL PERSPEKTIF AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ).” Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 6, no. 1 (8 Februari 2023): 78–98. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v6i1.467.

Tarom, Muhammad Amin. “Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 1, no. 2 (26 November 2021): 177–82.

Wasitohadi. “HAKEKAT PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF JOHN DEWEY Tinjauan Teoritis.” Satya Widya 30, no. 1 (5 Juni 2014): 49. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p49-61.

Zainuri, Rahma Dilla, Siti Masruroh, Haerudin, dan Agus Fudholi. “Comparative Study of Children’s Education Concepts According To Imam Al Ghojali And John Dewey.” Edutran of Educational 1, no. 1 (8 Desember 2023): 43–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i1.91-100

Article Metrics

Abstract view : 276 times
PDF - 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.