STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII SMP IT AL-KHAIR TANJUNG GUSTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuku 1) mengetahui bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik kelas VIII di SMP IT AL-KHAIR. 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dialami guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik kelas VIII SMP IT AL-KHAIR. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang akan menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam memperlakukan kesulitan membaca Al-Qura’an dan mampu membaca Al-Quran secara benar sesuai hukum tajwid, dan dapat mengetahui bacaan-bacaan ibadah sesuai Al-Qur’an dan hadist.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anjarwati, Astuti. 2020. “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Alquran Pada Autis Slb Autis Jalinan Hati Payakumbuh.” Widya Wacana: Jurnal Ilmiah 15(1).
Fitriani, Wihelis, Abu Bakar Umar, and Ilham Fahmi. 2021. “Strategi Guru Baca Tulis Qur’an Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Al Fatimiyah Karawang.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5(2): 112–16.
Khudori, Anwar, Muhamad Priyatna, and Moch. Yasyakur. 2019. “Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Stai Al Hidayah Bogor: 1–10.
Mulia, Annisya, and Ahmad Kosasih. 2021. “Strategi Guru PAI Dalam Menghadapi Kesulitan Membaca Alquran Peserta Didik Kelas V SD Negeri 04 Kampung Dalam.” An-Nuha 1(3): 271–80.
Nadialista Kurniawan, Risyad Arhamullah. 2021. “STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII A SMP NEGERI RANTO.” Industry and Higher Education 3(1): 1689–99.
Rhamadan, Rizky, and Al- Ikhlas. 2023. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Bagi Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Batangtoru.” Islamika 5(1): 84–97.
Suparyanto dan Rosad (2015. 2020. “Strategi Ustadzah Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Mahasiswi Angkatan Ke VI Pada Program Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry.” Suparyanto dan Rosad (2015 5(3): 248–53.
Suradi, Futeri Maharani, and Rusi Rusmiati Aliyyah. 2022. “Profesi Keguruan ( Guru Sebagai Profesi ).” (July): 102.
Tamami, Badrut. 2020. “Strategi Guru PAI Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Membaca Al- Qur ’ an Melalui Metode Pembiasaan Di SMK Al Kholily Mlokorejo Puger Jember Tahun Pelajaran 2018 / 2019.” 3(2): 127–36.
Yuliawanti, Afifah. 2020. “Peran Guru TPQ Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Di TPQ Lu’luil Ma’nun Desa Kebanggan Kecamatan Moga.” Jurnal lmiah Promis 1(1): 51–70.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i2.%25p
Article Metrics
Abstract view : 954 timesPDF - 233 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.