PAHAM AKSIOLOGI ISLAM DAN BARAT

Fauziah Nur, Roni R. Dabutar, Irwansyah Jul, Salminawati Salminawati

Abstract


Tidak dapat disangkal bahwa agama dan ilmu pengetahuan menjadi semakin penting bagi keberadaan manusia. Terlepas dari prediksi teori sekularisasi, dampak agama terhadap eksistensi manusia tidak berkurang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan di masa kontemporer. Banyak kelompok yang telah memperhatikan peningkatan signifikan dalam pentingnya ilmu pengetahuan dan agama, khususnya dalam kaitannya dengan interaksi keduanya. Perlunya mempraktekkan visi etis yang sesuai ditekankan oleh kemajuan ilmu pengetahuan sebagai penerapan aksiologi ilmu pengetahuan. Meskipun ilmu pengetahuan telah memberikan umat manusia kekuatan untuk mencapai hampir semua hal yang mereka inginkan, kekhawatiran mereka melampaui kemampuan manusia. Dalam hal ini, yang lebih penting adalah perlunya mempertimbangkan etika ketika memilih tindakan yang akan dilakukan demi kesejahteraan manusia lebih lanjut. Tujuan pengembangan gagasan etis dalam sains pada kenyataannya adalah mencapai tingkat normatif yang menawarkan petunjuk spesifik tentang bagaimana peneliti harus berperilaku sebagai manusia. Akan sulit untuk menghubungkan definisi etika yang abstrak dengan permasalahan dunia nyata.


Keywords


Aksiologi, Islam, Barat.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Achmad Fahmi. 2022. Eksistensi Media Cetak Dakwah Instansi Pemerintah: Studi Kasus Majalah MPA Kanwil Kemenag Prov. Jatim. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Afifah, Gusti, Syahrial Ayub, Hairunnisa Sahidu, Sekolah Menengah, and Atas Negeri. 2020. “Konsep Alam Semesta Dalam Perspektif Al-Quran Dan Sains.” GeoScienceEdu Journal 1(1):5–10.

Harahap, Addurun Nafis, and Salminawati. 2022. “Aksiologi Ilmu Dalam Perspektif Islam Dan Barat.” Journal Of Social Research 1(3):748–53. doi: 10.55324/josr.v1i3.143.

Hasanah, Uswatun. 2020. “Aksiologi Ilmu Dalam Tradisi Islam Dan Barat.” Ushuluddin Dan Adab UIN Sultan Mulana Hasanuddin Banten 1–6.

Husniyah, Nur Iftitahul. 2019. “Aksiologis Pendidikan Islam (Perspektif Islam Dan Barat).” At-Tuhfah: Jurnal Keislaman 8(1):12–25.

Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan: The Choice Is Yours. Yogyakarta: Penerbit Valia Pustaka.

Maskur, Maskur. 2012. Ilmu Sosial Profetik Kuntowijoyo (Telaah Atas Relasi Humanisasi, Liberasi Dan Transendensi). Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Soelaiman, Darwis A. 2019. Filsafat Ilmu Pengetahuan Pespektif Barat Dan Islam.

Suriasumantri, Jujun S. 2003. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan.

Tuz’zaroh, Fatimah. 2021. Tinjauan Yuridis Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial (Studi Kasus Kejaksaan Negeri Makassar). Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i1.29-36

Article Metrics

Abstract view : 332 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.