PERAN GURU DALAM HADIST

Siti Chairun Nisyah, Aina Nur Hilmy Harahap, Zulfahmi Lubis

Abstract


Gulrul dallalm perspektif pendidikaln Islalm aldallalh oralng-oralng yalng bertalnggulng jalwalb terhaldalp perkembalngaln selulrulh potensi pesetal didik. Gulrul dalpalt di alrtikaln sebalgali pemberi altalul penyallulr pengetalhulaln, keteralmpilaln. Seoralng gulrul mempulnyali ralsal talnggulng jalwalb terhaldalp tulgals-tulgalsnyal sebalgali seoralng gulrul. Seperti yalng dikaltalkaln oleh Imalm Ghalzalli balhwal “tulgals pendidik aldallalh menyempulrnalkaln, membersihkaln, sertal membalwal halti malnulsial ulntulk Talqalrrulb kepaldal Alllalh SWT”. Peraln gulrul salngalt penting balgi siswalnyal, Peraln alkaln senalntialsal menggalmbalrkaln polal tingkalh lalkul yalng dihalralpkaln dallalm berbalgali interalksi belaljalr mengaljalr yalng dalpalt dipalndalng sebalgali sentrall balgi peralnalnnyal. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana peran seorang guru dalam hadits-hadits nabi. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui peran guru dalam Hadits. Adapun penelitian ini menggunakan metode library research dengan pengumpulan data menggunakan sumber dari buku-buku yang berkaitan dan beberapa penelitan-penelitian lainnya. Selanjutnya hasil pennelitian menjelaskan bahwa peran guru dalam hadits yaitu sebagai murabbi, mu’allim, muaddib, mudarris, muzakki, dan mursyid.


Keywords


Gulrul, Peraln Gulrul, Haldits

Full Text:

PDF

References


Abdul Muhyi, d. (2021). Etika Pendidikan Islam Perspektif Tafsir Manajemen Pendidikan. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Abdullah, T. (1974). Islam di Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang.

Ahmadi, I. (2001). Ajaran Muhammad Nafis dalam Perbandingan. Jakarta: Raja Grafindo.

al-Ghazali, A. H. (1992). Ihya 'Ulum al-Din. Libanon: Där al-Kutub al-'Ilmiyyah.

al-Qusyairi, A. a.-K. (n.d.). Al-Risälah al-Ousyairiyyah fi 'Ilm al-Tasawuf. Beirut: Dár 'al- Jilli.

Alya Fadhluna Zamzam, A. N. (2023). Peran Guru dalam Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur'an dan Hadits. Edu Riligia, 251-259.

Arroisi, D. H. (2022). Antologi Pemikiran dan Peradaban. Jawa Timur: Unida Gontor Press.

Baskoro, A. (2017). Hadits-hadits Rasulullah SAW tentang Pendidik. Almufida, 133-144.

Darajat, D. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Dkk, M. M. (2023). METODE PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH). Padang: Get Press Indonesia.

H.N, H. (n.d.). Permata Yang Indah (ad-Darrunnafis Syekh Muhammad Nafis bin Idris al-Banjari. Surabaya: Nur Ilmu.

Moh Toriqul Chaer, d. (2016). Membangun Pendidikan Indonesia Berkelas Dunia. Kuningan: Goresan Pena.

Nata, A. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'an. Jakarta : Prenadamedua Group.

Rahman, A. S. (2022, Oct). The Concept of Wahdaniyah Allah Perspective of Muhammad Nafis in the Book of Ad-Durrun Nafis as an Effort to Instill Aqidah in Early Childhood Generation Alfa. Rahman, A., Suryani, I., Rahmia, N., Rahman, K., & Maslan, D. (2022). The Concept of Wahdaniyah Allah Perspective of Muhammad Nafis in the Book of Ad-DurrEdumaspul: Jurnal Pendidikan, 6, 2474-2480.

Sardiman. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sisiwayanti, N. (2004). Profesionalime Guru Menurut Ibnu Sahnun. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Wathoni, L. M. (2020). Hadits Tarbawi: Analisis Komponen-komponen Pendidikan Perspektif Hadits. Nusa Tenggara Barat: Forum Pemuda Aswaja.

Yusuf, I. &. (2021). GURU DAN MURID DALAM PERSEKTIF AL QUR’AN DAN HADITS. MUSHAF JOURNAL.

الأعظمي, أ. أ. (٢٠١٦ م). الجامع الكامل في الحديث الصحيح الشامل المرتب على أبواب الفقه. الرياض: دار السلام للنشر والتوزيع.

الترمذي, م. ب. (١٤٣١ م). نوادر الأصول في أحاديث الرسول صلى الله عليه وسلم. بيروت: دار الجيل.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i1.21-28

Article Metrics

Abstract view : 1036 times
PDF - 442 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.