POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU PAI DENGAN SISWA KELAS XI SMA SWASTA AR-RAHMAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai karakter religius yang ditanamkan oleh guru PAI, untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan guru PAI dengan siswa dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membentuk karakter religius siswa kelas XI SMA Swasta Ar-Rahman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan termasuk jenis penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan. Sumber data penelitian yaitu data primer dan sekunder serta teknik pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di SMA Swasta Ar-Rahman Medan Jl. Gaperta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhyak, Profil Pendidikan Sukses. Surabaya : Elkaf. 2005.
Baqi, Muhammad Fu‟ad Abdul. 2017. Al-Lu‟lu‟ wa Al-Marjan. Diterjemahkan oleh Muhammad Ahsan bin Usman. (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo).
Bahri, Syaiful. Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak. Jakarta:Rineka Cipta.2004.
Damayanti, Deni. Panduan Implementasi Pendidikana Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Araska. 2014.
Darajat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 2006.
Depertemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. 1997.
Elmubarok, Zaim. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: CV. Alfbeta. 2008.
H.A.W Widjaja, Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta. 2000.
Kemendiknas, Pedoman Sekolah Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Jakarta: Balitbang. 2010.
Kuswantoro, Agung. Pendidikan Karakter melalui Publick Speaking. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2015.
Majid, Abdul dan Andayani, Dian. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset. 2012.
Mulyana, Dedy. Nuansa-Nuansa Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2001.
Mulyasa .E. Menjadi guru prefesional Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. PT Remaja Rosdakarya. 2008.
Nata, Abuddin. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Karya Pusaka. 2003.
¬¬¬¬¬____________. Filsafat Pendidikan Islam I. Jakarta: Logos Wacana Ilmu. 1997.
Nurdin, Muhammad. Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. 2008.
Sabhrina, Herawati. “Pola Komunikasi Kelas Penyiar Indonesia (Studi Dskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Kelas Penyiar Indonesia dalam Proses Belajar Mengajar di Dunia Broadcasting)” PhD diss., Universitas Sebelas Maret. 2015.
Samani, Muchlas & Harianto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2011.
Soejanto, Agoes. Psikologi Komunikasi. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya. 2005.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2017.
Zeanul Fitri, Agus. “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah”. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2012.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i1.326-336
Article Metrics
Abstract view : 402 timesPDF - 113 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.