KONTRIBUSI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MAS AL-WASHLIYAH MEDAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana kontribusi guru aqidah akhlak dalam menumbuhkan kecerdasan emosional siswa di MAS Alwashliyah Medan, (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru upaya guru aqidah akhlak dalam guru aqidah akhlak dalam menumbuhkan kecerdasan emosional siswa di MAS Alwashliyah Medan. Pendekatan metodologis yang diambil dalam penyelidikan ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan metodologis yang diambil dalam penyelidikan ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen-tation untuk mempelajari lebih lanjut tentang individu yang mengajarkan aqidah moral. Baik sumber primer maupun sekunder digunakan untuk mengumpulkan informasi untuk penelitian ini. Metode penelitian pedagogis, psikologis, dan sosial digunakan dalam penelitian ini. Pemprosesan dan analisis data adalah dua metode yang paling umum untuk menangani data dalam jumlah besar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Ghazali,AbuHamid,IhyaUlumuddin, Jilid II. Beirut:Daral-Fikr.1989.
Anne Ahira, Terminologi Kosa Kata. Jakarta: Aksara. 2012.
Daud Ali, Muhammad. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2000.
Firdaus Ahmad, Problematikan Guru Dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah di Sekolah Dasar, Jurnal Besicedu, Vol. 5, No. 4, 2021.
Hadi Saputra Panggabean, dkk, Upaya Guru PAI Menciptakan Suasana Pembelajaran Yang Efektif, Jurnal Medan Resourch, Vol. 1 No. 2, 2021
Goleman, Daniel. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2003
Gottman, John dan DeClaire, Joan. Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2003.
Imam Abi Hamid Muhammad ibn Muhammad Al-Ghazali, Ihya’ Ulumuddin, Juz. III. Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyah, t.th.
Majid, Abdul dan Andayani, Dian. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep Implementasi Kurikulum 2004), (Bandung: Remaja Rosda Karya. 2005.
Moh.Uzer Usman, Menjadi guru profesioanal. Bandung: Remaja Rosdakarya. .2005.
Naim, Ngainun. Menjadi Guru Inspiratif, Memberdayakan dan Menguah Jalan Hidup Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009
Rohmad, Ali. Kapita selekta pendidikan. Jakarta : PT.Bina Ilmu. 2004.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2017.
Sri Langgeng Ratnasari, dkk, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual, dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan, Journal of Applied Business Administration, Vol. 4 No. 2, 2020.
Yunus, Mahmud. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: PT. Hidakarya Agung. 1972.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i1.311-325
Article Metrics
Abstract view : 448 timesPDF - 152 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.