KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DALAM PENGELOLAAN SMP MUHAMMADIYAH 62 TANJUNG GUSTA KELAMBIR LIMA DELI SERDANG

Aulya Salvira

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menjawab bagaimana kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam pengelolaan SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta Kelambir Lima. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Dengan lokasi SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta Kelambir Deli Serdang. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain: (a) metode observasi, metode ini di gunakan untuk memperoleh data terkait pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah perempuan di masing-masing sekolah.(b) metode wawancara, metode ini dilakukan dengan cara penulis menanyakan langsung ke sumbernya, bukan dalam kondisi formal agar suasana yang tercipta menjadi lebih santai dan akrab sehingga jawaban-jawaban yang terlontar yang penulis ajukan merupakan jawaban murni dari fakta yang terjadi.(c) metode dokumentasi, metode ini digunakan untuk memperoleh data terkait madrasah berupa daftar absensi guru, foto-foto kegiatan guru dan siswa.

Hasil penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah perempuan telah menunjukkan banyak potensi dan keunggulan. Studi dan pengalaman telah mengungkapkan bahwa kepala sekolah perempuan sering kali mendekati tugas-tugas kepemimpinan mereka dengan pendekatan yang inklusif, berorientasi pada keberagaman, dan fokus pada pembangunan hubungan antarpersonal. Kepekaan sosial dan kemampuan mendengarkan yang tinggi adalah ciri khas dari kepemimpinan kepala sekolah perempuan, yang memberikan dampak positif pada iklim sekolah, partisipasi siswa, dan pencapaian akademik. Selain itu, kepala sekolah perempuan juga telah memainkan peran penting dalam memperjuangkan kesetaraan gender dan kesempatan bagi para siswa dan guru. Dengan menjadi teladan bagi para siswa perempuan, kepala sekolah perempuan memotivasi dan menginspirasi para siswa untuk mencapai potensi penuh mereka tanpa batasan gender di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta Medan.


Keywords


Kepemimpinan, Kepala Sekolah Perempuan, Mengelola SMP.

Full Text:

PDF

References


Yeni Wulandari, dkk. “Strategi Kepala Sekolah Perempuan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan” Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Vol. 3, No. 1, 2018.

Iwa Kuswaeri, Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, TARBAWI, Vol 2. No. 02, 2016

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Devi Pramitha, “Revitalisasi Kepemimpinan Pendidikan Perempuan dalam Perspektif Islam”, J-PAI, Vol. 1 No.2 Januari-Juni 2015.

Duryat, Masduki. 2015. Kepemimpinan Penddidikan (Meneguhkan Legitimasi dalam Berkonsesntrasi di Bidang Pendidikan). Indra Mayu:Alfabeta

Fattah, Nanang. 2015. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hanafiah, Yusuf. dkk. 2021. Aku Bangga Menjadi Guru (Peran Guru dalam Penguatan Nilai Karakter Peserta Didik). Yogyakarta: UAS Press.

M.Fahmi, Syahrum Agung, Rachmatullaily, “Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan”, Jurnal Ilmiah Inovator, Vol. 7, No. 1, 2018.

Nurlela dan Marhen, Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 2 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar, Jurnal al- Fikrah, Vol. VII, No. 1 Januari-Juni 2019.

Rahmah, Syarifah. 2021. Pendidikan Bagi Perempuan (Suatu Analisis Dalam Persfektif Islam). Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Mo’tasim, Pengembangan Kapasitas Institusi Dan Sumber Daya Manusia Di Madrasah: Pendekatan Total Quality Management, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 4 Nomor 2 Nopember 2016.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tawilaga, Pagas. 2017. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Sd Negeri 1 Karangcengis Pagas Tawilaga (Skrpsi, Program S-1 Manajemen Pendidikan Islam Jurusan Tarbiyah Dan Ilmu Pendidikan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i1.283-294

Article Metrics

Abstract view : 204 times
PDF - 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.