PERGURUAN ISLAM BAGINDA MANGARAJA MUDA NURUL ‘ILMI SEBAGAI ICONIC SEKOLAH ISLAM TERPADU DI KOTA PADANGSIDIMPUAN ; TINJAUAN HISTORIS
Abstract
Munculnya sekolah Islam terpadu dengan integrasi kurikulum merupakan gaya baru pendidikan Islam di Indonesia. Sekolah Islam terpadu merupaka sebuah solusi alternatif untuk keluar dari praktik pendidikan dikotomik yang banyak di bahas oleh para pemikir Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Perguruan Islam BM Muda Nurul Ilmi merupakan sekolah pertama atau iconic Sekolah Islam Terpadu di kota Padangsidimpuan dalam tinjauan historis. Sekolah ini menjadi sekolah yang banyak diminati oleh masyarakat dari sejak berdiri sampai sekarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Analisis data dengan cara mengumpulkan, mengklasifikasikan dan menganalisis data dari berbagai sumber yang relevan melalui observasi atau pengamatan dan wawancara kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah Sekolah ini menjadi iconic lahirnya sekolah-sekolah Islam terpadu di kota padangsidimpuan. Dilihat dari perkembanganya sekolah ini tidak hanya diminati oleh masyarakat kota padangsidimpuan tetapi juga luar kota karena kurikulum dan pengembangan budaya mutu yang baik Sekolah ini menerapkan system fullday dan boarding school.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Fatah Yasin Daulay, Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam , Malang: UIN Malang Pres, 2008
Anshari, Endang Saefuddin, Pokok-Pokok Pikiran Tentang Islam, Jakarta: Usaha Enterprise, 1976
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam; Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru Jakarta: Logos, 1999
Edison, Edison, Munzir Hitami, and Abu Anwar, ‘Persepsi Dan Implementasi Integrasi Islam Dan Sains Di SMA IT Al Ihsan Pekanbaru’, Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10.3 (2021), 381
Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M., ‘Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu’, 6.1 (2020), 3(2), 524–32
Hasanuddin, Ginting N, ‘Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu Di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Medan’, Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5.2 (2020), 293–304
Iii, Vol, No April, U I N Sumatera, Utara Medan, U I N Syekh, Ali Hasan, and others, ‘Bunayya : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Model Pengembangan Budaya Mutu Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Padangsidimpuan Bunayya : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah’, III.2 (2022), 149–63
Ismael, Fauzan, ) Uin, Sjech M Djamil, and Djambek Bukittinggi, ‘Konsep Pendidikan Sekolah Islam Terpadu’, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1.2 (2022), 127–34
Kudadiri, Saidup, ‘Kebijakan Pengembangan Program Pendidikan Melalui Program Pembelajaran Full Day School Di SMP IT Nurul Ilmi Medan’, Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 6.1 (2021), 1–14
Kurniawan, Hendra, and Fauziah Nur Ariza, ‘Sekolah Islam Terpadu: Perkembangan, Konsep, Dan Implementasi’, Ittihad, IV.1 (2020), 81–88
Lubis, Ahmadi, ‘Islamic School Integrated In Islamic Education History In Indonesia’, Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 4.2 (2018), 1077–95
Ramayulis, Sejarah Pendidikan Islam, Napak Tilas Perubahan Konsep, Filsafat, Dan Metodologi Pendidikan Islam Dari Era Nabi SAW Sampai Ulama Nusantara (Jakarta: Radar Jaya Ofset, 2012)
Sariah, Sariah, Suhertina Suhertina, Mardia Hayati, and Rina Rehayati, ‘Sekolah Islam Terpadu (IT); Sebagai Alternatif Sekolah Bergensi Untuk Membentuk Karakter’, JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9.1 (2023), 41
Tim Mutu JSIT Indonesia., Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu, Jakarta: t.p., 2014
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i2.313-324
Article Metrics
Abstract view : 493 timesPDF - 365 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.