INTERKONEKSI EKSISTENSI MANUSIA MENURUT FILSAFAT BARAT DAN ESENSI MANUSIA MENURUT FILSAFAT ISLAM

Ahmad Faroch Alfarizi, Betty Mauli Rosa Bustam

Abstract


Manusia merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah SWT di muka bumi dengan deretan kesempurnaan yang dimulai dari eksistensi hingga esensinya. Tujuan dari penelitian ini berupaya untuk merespon problematika praktis dan teoritis manusia modern khususnya umat Islam dalam memaknai eksistensi dan esensi kehidupannya. Adapun metode yang dilakukan melalui studi kepustakaan untuk menemukan secara kontekstual bagaimana upaya interkoneksi eksistensi dan esensi manusia. Hasil penemuan dalam penelitian ini mengemukakan bahwa interkoneksi filsafat barat dan filsafat Islam terkait eksistensi dan esensi manusia melalui penerapan teori teoantroposentris dan neomodernis. Manusia modern harus memiliki komitmen dan konsistensi terhadap konsep penciptaan dirinya bukan semata-mata formalitas namun jauh lebih bermanfaat dalam perwujudan agama dan ilmu pengetahuan di muka bumi.

Keywords


Eksistensi, Esensi, Manusia, Filsafat Barat, Filsafat Islam

Full Text:

PDF

References


Abidin, M. Z. (2021). PENGISLAMAN ILMU VS PENGILMUAN ISLAM : Studi Model Penerapan Ilmu Integralistik Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia. Abhats: Jurnal Islam Ulil Albab, 2(2), 115–133.

Aenulguri, D., Yuli, R., Hambali, A., Aqidah, J., Islam, F., Ushuluddin, F., Gunung, S., & Bandung, D. (2023). Tantangan Eksistensi Manusia di Era Inovasi Metaverse melalui Eksistensialisme Martin Heidegger. Gunung Djati Conference Series, 19, 505–516.

Afrida. (2018). AL-QISTHU. 16(2), 54–59.

Al-Habibi, M. L. J. (2023). Signifikasi Makna Kritisisme (Transendental) dalam Filsafat Imanuel Kant: Studi Kasus Filsafat Modern. Gunung Djati Conference Series, 24, 705–717.

Alim, A. S. (2019). HAKIKAT MANUSIA, ALAM SEMESTA, DAN MASYARAKAT DALAM KONTEKS PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(2), 144–160.

Asmaya, E. (2018). Hakikat Manusia dalam Tasawuf Al-Ghazali. Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(1), 123–135.

Budiyanti, N., Aziz, A. A., & Suhartini, A. (2020). Konsep Manusia Ideal : Tinjauan Teologis dan Pendidikan Islam. 5(2), 43–67.

Da’i, R. A. N., As-Shufi, C. G., & Khoerudin, F. (2021). Konsep Manusia Ideal: Studi Komparatif Pemikiran Abdul Karim Al-Jili dan Friedrich Wilhelm Nietzche. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3, 49–58.

Diana, E., & Salminawati. (2022). PERKEMBANGAN FILSAFAT DAN SAINS PADA ZAMAN ISLAM TERHADAP KEMAJUAN BIDANG KEILMUAN MODERN. Journal of Social Research, 1(4), 221–231.

Fajrussalam, H., Azizah, A., Rahman, E. A., Hafizha, Z., & Ulhaq, S. (2023). Hakikat Dan Eksistensi Manusia Sebagai Mahluk Yang Bermoral. Jurnal Of Social Science Research, 3(2), 1706–1721.

Fithriyah, A. (2020). MANUSIA IDEAL DALAM PRESPEKTIF TASAWWUF & FILSAFAT (STUDI KOMPERATIF PEMIKIRAN IBNU ARABY DAN NIETSCHE TENTANG MANUSIA). ZAHRA: Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal, 1(1), 79–88.

Hasib, K. (2019). Manusia dan Kebahagiaan : Pandangan Filsafat Yunani dan Respon Syed Muhammad Naquib al-Attas. Tashfiyah Jurnal Pemikiran Islam, 3(1), 21–40.

Hudda, S. A., & Najib, A. (2021). Human Being dalam Diskursus Eksistensialisme Barat dan Islam : Komparasi Pemikiran Jean-Paul Sartre , Gabriel Marcel , Mulla Sadra dan Muhammad Iqbal. Empirisma, 30(2), 91–104.

Jemarut, W., & Sandur, K. (2021). Filsafat Eksistensialisme: Sebuah Pilihan Kemungkinan Hidup yang Sejati. Sophia Dharma: Jurnal Filsafat Agama Hindu Dan Masyarakat, 4(1), 72–89. https://doi.org/10.53977/sd.v4i1.329

Luthfiah, N. (2023). Filsafat Dan Kriteria Kebenaran Dalam Perspektif Islam Dan Barat. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 07(01), 36–54.

Ma’aruf, I., Muntaha, & Nurlaili. (2022). Manusia Makhluk Bertuhan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(4), 273–283.

Majdi, A. L. (2019). Metodologi Pembaruan Neomodernisme dan Rekonstruksi Pemikiran Islam Fazlur Rahman. Nalar: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 3(1), 27–42. https://doi.org/10.23971/njppi.v3i1.1196

Malik, A. (2023). Ilmu Nafs Dan Pemahaman Tentang Manusia Dalam Perspektif Alqur ’ an. 6, 72–84.

Maliki, A. (2021). MENGGAGAS EPISTEMOLOGI DALAM FILSAFAT ISLAM. AT-THARIQ: Jurnal Studi Islam Dan Budaya, 1(2), 29–46.

Nikmatullah, C., & Wasehudin. (2022). (MANUSIA DAN ALAM) TELAAH REFLEKTIF TERHADAP PERAN DAN FUNGSI SEBAGAI SUBJEK DAN OBJEK DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(10), 1197–1210.

Pradnyayanti, L. P. S., & Safira, D. M. A. I. S. (2021). Kehendak Untuk Berkuasa Dan Manusia Unggul Dalam Perspektif Friedrich Nietzche. 2(2), 143–150. www.balairungpress.com:14/05/2021:

Putra, A. M. (2023). ALAM, MANUSIA DAN TEKNOLOGI: ANALISIS FILOSOFIS DAN REFLEKSI TEOLOGIS TERHADAP KRISIS MODERN. Sola Gratia: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, 4(1), 45–68.

Rahman, A. (2022). Tugas Manusia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(3), 242–249.

Rahman, M. H. T., Sari, D. P., Rato, D., & Setyawan, F. (2023). Pengaruh Filsafat Timur Hingga Barat Pada Perkembangan Filsafat Hukum. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 2(3), 258–266. https://doi.org/10.55681/seikat.v2i3.556

Raudatussolihah, B., & Ritazhuhriah. (2021). ANALISIS LINGUISTIK DALAM AL-QUR’AN (STUDI SEMANTIK TERHADAP QS AL- ‘ALAQ). Al Waraqah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 41–56.

Saihu, M. (2022). Eksistensi Manusia sebagai Khalifah dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 400–413.

Salsabilla, B., Lestari, F. I., Erlita, M., Insani, R. D., Santika, R., Ningsih, R. A., Triska, & Mustika, D. (2022). Tipe dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9979–9985.

Sani, A. H. (2011). Manifesto Gerakan Intelektual Profetik (Kasyadi (ed.); 1st ed.). Samudra Biru.

Sarni, & Muslimah. (2021). The Commendable Leadership in Islamic Perspective. Bulletin of Pedagogical Research, 1(1), 165. https://doi.org/10.51278/bpr.v1i2.187

Setiawan, D., Af, M. A., Aziz, F. M., Fajar, A., & Yurna, Y. (2023). Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Manusia Dan Masyarakat. 1(4).

Surip. (2022). RELEVANSI PEMIKIRAN KUNTOWIJOYO TENTANG SAINTIFIKASI ISLAM. KNOWLEDGE : Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 2(2), 138–145.

Swandini, A. N. (2023). Filsafat Eksistensialisme Oleh Filsuf Jean-Paul Sartre dan Hubungannya Dengan Isu Teologi Tentang Kebebasan Dan Tanggung Jawab Manusia. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/qnwv2

Syahputra, H. (2020). Manusia dalam Pandangan Filsafat. 2.

Syahputra, J., & Sidiq, U. A. (2022). Hakikat Kebahagiaan: Perspektif Jalaluddin Rumi. Al-Mabhats, 7(1), 18–32. https://doi.org/10.47766/almabhats.v7i1.1045

Tanjung, M. (2018). Oleh : Muaz Tanjung. XXIV(1), 46–63.

Wahyuni, O., Zulmuqim, & Hasnah, R. (2021). Konsep Tawakkal dalam Q.S Ali-Imran (Tafsir Mudhu’i) serta Implikasinya dalam Pendidikan Islam. Journal Cerdas Mahasiswa, 3(1), 31–49.

Wijaya, A. (2019). Ragam Jalan Memahami Islam (Yusrianto (ed.); 1st ed.). IRCISoD.

Wijaya, Y. S., & Maarif, S. (2021). Esensi Manusia sebagai Makhluk Berseni dan Beragama. Jurnal Kajian Seni, 7(2), 198. https://doi.org/10.22146/jksks.64209




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i2.302-312

Article Metrics

Abstract view : 1118 times
PDF - 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.