PEMANFAATAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (SPI) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Evia Rita Rhastina, Nurman Ginting

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta data wawancara maupun dari data-data tertulis lainnya. Dalam artikel ini penulis membahas tentang strategi pembelajaran inkuiri adalah salah satu strategi yang menekankan pada proses berfikir kritis, sistematis, logis, dan analistis dan bermakna, untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatau permasalahan yang dihadapi. Dalam hal ini pesrta didik di dorong untuk mampu mengembangkan potensi kemampuan dan keterampilannya serta wawasannya dengan kekuatan mental yang dimiliki oleh peserta didik.


Keywords


pemanfaatan Strategi Pembelajaran Inkuiri, Pendidikan agama Islam, Pendidik, inkuiri

Full Text:

PDF

References


Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya Strategi Pembelajaran Yang Tepat Bagi Siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32–37.

https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/517

Hermawati, K. A. (2021). Implementasi Model Inkuiri dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Analisis pada Materi

Pembelajaran Toleransi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1),

–72. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6159

Vebrianto Susilo, S. (2015). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 55–64. https://media.neliti.com/media/publications/266425-metode-bermain-peran-role-playing-untuk-3f4b0135.pdf

Fitriana, M. (2016). Meningkatkan Metakognisi Siswa Sma. 10(1), 1702–1711.

Kooperatif, P., & Stad, T. (2015). Jurnal riset pendidikan matematika. 2(November), 284–295.

Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120

Wenno, I. H., Esomar, K., & Sopacua, V. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Dan Pencapaian Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3), 378–385. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10706

G. Nurman, H. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Medan. Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 293. doi:http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.293-304

Hasanuddin, G. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Medan. Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 293. doi:http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.293-304

N. Ginting, H. (2020). Penalaran Dalam Penelitian Pendidikan Islam. Seminar of Social Sciences Engineering & Humaniora, 271.

R. Harfiani, R. F. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Praktikum Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam UMSU. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 11(1). doi:https://doi.org/10.30596/intiqad.v11i1.2041

S. Sunwanee, G. N. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Minimnya Baca dan Tulis Al-Qur’an pada Anak-anak di Tadika Al-Hidayah. Journal on Teacher Education, 3(3), 357.

W. Masitah, H. R. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral dan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Pembiasaan Di Ra. Al-Hikmah. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 174. doi:https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i1.1930 Published




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i2.279-288

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.