PEMANFAATAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (SPI) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta data wawancara maupun dari data-data tertulis lainnya. Dalam artikel ini penulis membahas tentang strategi pembelajaran inkuiri adalah salah satu strategi yang menekankan pada proses berfikir kritis, sistematis, logis, dan analistis dan bermakna, untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatau permasalahan yang dihadapi. Dalam hal ini pesrta didik di dorong untuk mampu mengembangkan potensi kemampuan dan keterampilannya serta wawasannya dengan kekuatan mental yang dimiliki oleh peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya Strategi Pembelajaran Yang Tepat Bagi Siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32–37.
https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/517
Hermawati, K. A. (2021). Implementasi Model Inkuiri dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Analisis pada Materi
Pembelajaran Toleransi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1),
–72. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6159
Vebrianto Susilo, S. (2015). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 55–64. https://media.neliti.com/media/publications/266425-metode-bermain-peran-role-playing-untuk-3f4b0135.pdf
Fitriana, M. (2016). Meningkatkan Metakognisi Siswa Sma. 10(1), 1702–1711.
Kooperatif, P., & Stad, T. (2015). Jurnal riset pendidikan matematika. 2(November), 284–295.
Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120
Wenno, I. H., Esomar, K., & Sopacua, V. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Dan Pencapaian Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3), 378–385. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10706
G. Nurman, H. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Medan. Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 293. doi:http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.293-304
Hasanuddin, G. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Medan. Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 293. doi:http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.293-304
N. Ginting, H. (2020). Penalaran Dalam Penelitian Pendidikan Islam. Seminar of Social Sciences Engineering & Humaniora, 271.
R. Harfiani, R. F. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Praktikum Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam UMSU. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 11(1). doi:https://doi.org/10.30596/intiqad.v11i1.2041
S. Sunwanee, G. N. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Minimnya Baca dan Tulis Al-Qur’an pada Anak-anak di Tadika Al-Hidayah. Journal on Teacher Education, 3(3), 357.
W. Masitah, H. R. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral dan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Pembiasaan Di Ra. Al-Hikmah. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 174. doi:https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i1.1930 Published
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i2.279-288
Article Metrics
Abstract view : 238 timesPDF - 255 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.