Peran Pendidikan Muhammadiyah dalam Peluang dan Tantangan di Era Digital

Mia Damayanti, Endah Tri Wahyuni, Siti Amelia, Milana Abdillah Subarkah

Abstract


Artikel penelitian ini membahas peluang dan tantangan Muhammadiyah pendidikan di Era Digital. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi pustaka dengan penelitian yang melibatkan penelaahan informasi dan pengetahuan dari berbagai literatur dan referensi yang relevan. Sumber yang digunakan adalah jurnal penelitian, artikel, buku bacaan dan informasi terkait lainnya yang dapat mendukung data dari penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut kita semua untuk dapat berkompetensi agar tidak tergerus dan terlindas oleh zaman. Digitalisasi di seluruh belahan dunia memaksa kita untuk ikut andil dan ambil peran di dalamnya jika tidak ingin mengalami ketertinggalan. Era industri 4.0 telah menghadirkan fenomena disrupsi pada berbagai sendi kehidupan. Pendidikan Muhammadiyah memiliki banyak peluang untuk dapat bersaing di dunia era digital, maka Muhammadiyah harus menghadapi tantangan dan peluang dengan semangat tajdid dan ijtihad agar relevan dengan tuntutan zaman dengan tantangan terkuat yang dihadapi Muhammadiyah adalah teknologi yang menjadi inti fundamental dari perubahan era disrupsi 4.0 industri.


Keywords


Pendidikan Muhammadiyah, peluang dan tantangan, era digital

Full Text:

PDF

References


Abbas, Erjati. “PEMBAHARUAN PENDIDIKAN PERSPEKTIF AHMAD DAHLAN” 5, no. 02 (2020).

Akhmad, Fandi. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Konsep Pendidikan Muhammadiyah.” Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies) 8, no. 2 (October 7, 2020): 79–85.

Al Faruq, Umar. “PELUANG DAN TANTANGAN PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH DI ERA 4.0.” Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam 18, no. 1 (May 7, 2020): 013.

———. “PELUANG DAN TANTANGAN PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH DI ERA 4.0.” Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam 18, no. 1 (May 7, 2020): 013.

Aydrus, Al, Nurlaila, Adhriansyah A Lasawali, and Abdul Rahman, “Peran Muhammadiyah dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia” IQRA : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 17, No. 01 ( Januari 2022) 17 - 25

Damayanti, Eka, M. Aris Akin, Nurqadriani Nurqadriani, Suriyati Suriyati, and Hadisaputra Hadisaputra. “MENEROPONG PENDIDIKAN ISLAM DI MUHAMMADIYAH.” Al asma : Journal of Islamic Education 3, no. 2 (November 30, 2021): 250.

Dapodikmu Jumlah Sekolah - Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah.” Accessed July 21, 2023. https://dikdasmenppmuhammadiyah.org/dapodikmu-jumlah-sekolah/.

Hajri,Fatakhul Muhammad “Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 2” Al - Mikraj : Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 4, No.1 (2023) 33-41.

Ini Jumlah Sekolah Milik Muhammadiyah Di Seluruh Indonesia, Mulai Dari TK Sampai Universitas | Halaman Lengkap.” Accessed July 21, 2023. https://edukasi.sindonews.com/read/871971/212/ini-jumlah-sekolah-milik-muhammadiyah-di-seluruh-indonesia-mulai-dari-tk-sampai-universitas-1661933295?showpage=all.

Khosin, Khamam, “REFORMASI PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH DI INDONESIA.Pdf,” Al Qalam : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 17, No. 2 ( Maret - April 2023), 1117 - 1187.

Latifah, Ami, Hasan, Shohib, Warisno, Andi, Ansori, M, Afif, Andari, An, An. "Dinamika Organisasi Lembaga Pendidikan Islam Muhammadiyah." Scaffolding : Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme 18, No .3 ( 2022) : 555 - 570

Miftahul Munir and Ahmad Syar’i, “Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Tengah Arus Perkembangan Teknologi Digital” 1. No.1 (2021) 487 - 504Nayati, Ponandi, Adi. "Internalisasi Nilai-Nilai Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Aktifitas Belajar". Journal of Islamic and Muhammadiyah Study 1. No. 1 (2020)

Nuryana, Zalik, “REVITALISASI PENDIDIKAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHANPADAPERGURUAN MUHAMMADIYAH. Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Rusydi, Rajiah. “PERAN MUHAMMADIYAH ( KONSEP PENDIDIKAN, USAHA-USAHA DI BIDANG PENDIDIKAN, DAN TOKOH).” TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (January 22, 2017): 139–148.

Safitra, Linda, Heriyanti, Lesti, Kurniawati, Juliana, “Tiga Kekuatan Utama Lembaga Pendidikan Muhammdiyah Dalam Menaklukan Tantangan Pendidikan Di Era 4.0" Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP) 7, No. 1 ( Januari 2023 ) 370 - 377.

Sejarah - Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah.” Accessed July 21, 2023. https://dikdasmenppmuhammadiyah.org/sejarah/.

Tantangan Pendidikan Muhammadiyah Di Era 4.0 | Kumparan.Com.” Accessed July 22, 2023. https://kumparan.com/faozan-amar/tantangan-pendidikan-muhammadiyah-di-era-4-0-1sLujhNcSY7/3.

Tiga Kekuatan Persyarikatan - Suara Muhammadiyah.” Accessed July 22, 2023. https://suaramuhammadiyah.id/2022/06/23/tiga-kekuatan-persyarikatan/.

Wuryandani, Wuri, Fathurrohman Fathurrohman, and Unik Ambarwati. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 15, no. 2 (June 29, 2016). Accessed July 21, 2023. http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/9882.

Zarro, Mar’ati, Yunani, Dhita, Novemy Aulia “MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN ISLAM DAN PENDIDIKAN” FACTUM : Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 9, No. 1 ( 2022 ) 61 -66.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i2.249-264

Article Metrics

Abstract view : 2445 times
PDF - 890 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.