PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN KITAB FIKIH KLASIK DI SMA MUHAMMADIYAH 11 PADANGSIDIMPUAN

Idawati Idawati

Abstract


Judul penelitian ini adalah "Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Kitab Fikih Klasik di SMA 11 Muhammadiyah Padangsidimpuan". Fokus penelitian ini mencakup beberapa permasalahan yang dibahas, yaitu: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan kitab fikih klasik di SMA 11 Muhammadiyah Padangsidimpuan, (2) Bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan kitab fikih klasik di SMA 11 Muhammadiyah Padangsidimpuan, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan kitab fikih klasik di SMA 11 Muhammadiyah Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di SMA 11 Muhammadiyah Padangsidimpuan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, termasuk reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan kitab fikih klasik di SMA 11 Muhammadiyah Padangsidimpuan telah berjalan secara optimal. Hal ini terlihat dari aspek perencanaan, proses, dan evaluasi yang baik.


Keywords


Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Kitab Fikih Klasik

References


Arif, M. (2012). Pendidikan Agama Islam Inklusifmultikultural. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1-18.

Astuti, N. J., Afgani, M. W., & Ismail, F. (2023). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KITAB FIKIH KLASIK DI MAN 2 PALEMBANG. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal, 3(4), 184-193.

Basri, H. H. (2012). Pengajaran Kitab-Kitab Fiqih Di Pesantren. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Riyati, K. I. (2020). Model Pembelajaran Fikih Berbasis Kitab Kuning di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Karangploso.

Zainuddin, H. D. (2015). Pendidikan Agama Islam: Fikih Untuk Madrasah Aliyah Kelas X. Toha Putra.

Yusmiati, Yusmiati, and Wahyudi Wahyudi. "PENGARUH SIKAP NASIONALISME TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PPKn MATERI PENERAPAN DEMOKRASI PANCASILA KELAS XI SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.2 (2021): 413-417.

Yusmiati, Y., & Sari, S. (2021). PENERAPAN PROGRAM PENGAJARAN DAN PERENCANAAN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR BIDANG STUDI PKn MATERI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 296-305.

Yusmiati, Y., & Dewi, R. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBATERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn PADA MATERI DINAMIKA PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 1 SIBOLGA. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3155-3159.

Yusmiati, Y., & Insan, K. (2023). PENGARUH EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI KELAS XII IPS1 SMA NEGERI 1 BATAHAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(2), 923-926.

Dongoran, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Di SMA Negeri 1 Portibi. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(5), 1945-1949.

Dongoran, P., & Simamora, A. S. (2022). PENERAPAN IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN THE CLASSICAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK KETENTUAN UUD NKRI TAHUN 1945 DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3660-3663.

Baroroh, R., Sukriah, Y., & Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 14 SIABU TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(8), 2764-2767.

Nasution, A. H., Sukriah, Y., & Harahap, A. F. D. (2021). PENGARUH PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN CLASS ROOM DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM BIDANG STUDI PPKn PADA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SIPIROK TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 306-314.

Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS DEEP DIALOGUE THINKING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2021-2022. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3166-3177.

Ayurani, Isma, and Ferdiansah Ferdiansah. "PERAN LAYANAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA SMP SWASTA IT AL-MUNAWWAR HUTABALANG." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.1 (2021): 152-161.

Aziz, M., Sormin, D., Harahap, M. R., Siregar, A. K., Nasution, Z., & Napitupulu, D. S. (2022). Early Childhood Education in the Perspective of the Koran. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(3).

Siregar, Adek Kholijah. "PERAN PENGASUHAN AYAH TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL ALQURAN PADA ANAK DI TK ABA 2 KOTA PADANSIDIMPUAN." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.2 (2022): 346-352.

Ummatin, Ana Rosyidatu, Rini Agustini, and Dedi Yuisman. "Pola Asuh Keluarga Jama’ah Tabligh Dalam Membina Keluarga Sakinah." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 6.1 (2021): 109-125.

Agustini, Rini, et al. "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK PADA RAUDATUL ATHFAL ARAFAH." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 7.1 (2022): 99-144.

Wahyuni, Sri, and Sigit Purnama. "Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2020): 103.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v6i2.376-382

Article Metrics

Abstract view : 176 times
Untitled (Bahasa Indonesia) - 0 times Untitled (Bahasa Indonesia) - 0 times PDF (Bahasa Indonesia) - 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.