PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP JUJUR SISWA

Idawati Idawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kejujuran setiap siswa sekolah kelas VI SD Swasta Muhammadiyah 3 Padangsidimpuan Kel. Bincar Kec. Padangsidimpuan Utara Kab. Tapanuli Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel untuk penelitian ini adalah Siswa sekolah kelas VI SD Swasta Muhammadiyah 3 Padangsidimpuan Kel. Bincar Kec. Padangsidimpuan Utara Kab. Tapanuli Selatan. Teknik akuisisi data digunakan untuk tujuan ini melalui observasi, peneliti memperhatikan volume secara langsung sebagai objek penelitian untuk mengumpulkan data, peneliti mengirimkan kuesioner tentang hasil data. Ditemukan bahwa rata-rata tingkat kejujuran siswa kelas 6 adalah 80,23 yang merupakan angka yang cukup. besar, yang berarti sikap jujur siswa cukup baik dan tinggi Hal ini tidak terlepas dari peran pendidikan yang selalu membentuk dan membimbing peran pendidikan di sekolah, keluarga dan lingkungan masyarakat mendukung kita dalam mengembangkan karakter atau bersikap jujur kepada orang lain. 

 

 


Keywords


Peranan Pendidikan Agama Islam, Karakter, Sikap Jujur

References


Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Anwar, S. (2016). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7, 157–169.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16, 280–289.

Mansyur, U. (2018). Pemanfaatan Nilai Kejujuran dalam Cerpen sebagai Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter. INA-Rxiv.

Mulyadi, D., Sapriya, & Rahmat. (2019). Kajian Tentang Penumbuhan Karakter Jujur Peserta Didik Sebagai Upaya Pengembangan Dimensi Budaya Kewarganegaraan (Civic Culture) di Sma Alfa Centauri Bandung. MODELING : Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 220–232.

Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0 pada Madrasah Tsanawiyah 1 Banyumas. Insania, 24(2).

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229–238.

Sada, H. J. (2015). Konsep Pembentukan Kepribadian Anak dalam Perspektif Al- Qur’an (Surat Luqman Ayat 12-19). Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 252–272.

Sada, H. J. (2017). Peran Masyarakat dalam Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 117–125.

Sahlan, A. (2012). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Kajian Penerapan Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam). Jurnal El-Hikmah : Jurnal Kependidikan Dan Keagamaan, 139–149.

Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali. Jurnal At-Ta’dib, 10(2).

Wiliandani, A. M., Wiyono, B. B., & Sobri, A. Y. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora,

(3), 132–142.

Winataputra. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Pendidikan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa: Gagasan, Instrumental, dan Praksis. Widya Aksara Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i2.334-339

Article Metrics

Abstract view : 1813 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 355 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.