PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL PEMBELAJARAN PAI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Isman Efendi Limbong

Abstract


Riset ini bertujuan untuk melihat pengaruh pelaksanaan pembelajaran media audio-visual PAI terhadap kemahiran berfikir kritis pelajar kelas VI SDN 066044 Medan. Riset ini termasuk dalam jenis riset kuantitatif dengan kaedah Quasi Experiment Design jenis Non Equivalent Control Group Design.  Dalam riset ini, jumlah responden yang digunakan ialah pelajar kelas VI SDN 066044 Medan yakni 48 orang pelajar. Lalu sampel yang digunakan ialah kelas VI-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Analisis data riset ini menggunakan t-test diproses dengan bantuan software SPSS 24 dengan pemerolehan nilai sig. (2 ekor) < 0.003 pada kelas eksperimen < 0.05. Oleh itu, dapat disimpulkan bahawa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kelas VI-A yang menggunakan media audio-visual untuk pencapaian pembelajaran, terutamanya kemahiran berfikir kritis pelajar kelas VI SDN 066044Medan.


Keywords


Media audio visual, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Ardhini, R. A., Waluya, S. B., Asikin, M., and Zaenuri, Z. (2021). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 201–215. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.41

Ariani, Y., Helsa, Y., and Ahmad, S. (2020). Buku Model Pembelajaran Inovatif untuk Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Auliannisa, T., Nursyamsiah, N., and Sopian, Asep. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Treasure Hunt Guna Meningkatkan Keterampilan Berbicara Arab Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Multikulturalisme. 4(3). 460-468.

Creswell, J. W., and Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE.

Darmawan, R., Hariyatmi., and Supriyanto. Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan Pelajaran Ppkn Peserta Didik Kelas VI B di SD Negeri 01 Tawamangu. Jurnal of Education Research. 4(1). 19.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartati, S., and Ulfa, S. W. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Discovery Berbantu Aplikasi Kelas Pintar Terhadap Kemampuan Literasi Digital Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan dan Multikulturalisme. 4(1). 444-446.

Isnaeni, R., and Radia, E. H. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(2). 305.

Lestari, S., and Djuhan, M. W. 2021. Analisis Gaya Belajar Visual, Auditori dan Kinestik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. 1(1). 81-82.

Peranginangin, A., Hulu, F. D., Dachi, Y. A., and Zega, L. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Pengukuran Kelas X Semester I SMA Negeri 2 Lahusa T.P 2020/2021. Jurnal Penelitian Fisikawan, 4(1).

Purwono, J., Yutmini, S., and Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2).

Restami, M. P., and Samsudin, M. (2023). Media Pembelajaran Audio-Visual Dalam Pencapaian Motivasi dan Berpikir Kritis Siswa dengan Pendekatan Scientific. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi. 10(2). 509. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.776

Sabat, D. R., and Malaikosa, Y. S. (2018). Efektivitas Media Audio-Visual Berbasis Example NonExample terhadap Kemampuan Berpikir Kritis MahasiswaProgram Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan. 3(4). 505.

Safitri, R. L., and Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Materi Siklus Air pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8746–8753. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3939

Soedarnadi, E. W., and Sulisworo, D. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Masalah Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Karya Ilmiah Guru. 7(3). 268.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, S., Sajidan, S., and Ramli, M. (2018). Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis inquiry lesson untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.17836

Zahara, C. R. (2017). Kontribusi Media Belajar Audio Visual dan Gaya Beajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Lampeuneurut. Jurnal Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1). 144.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i1.163-177

Article Metrics

Abstract view : 657 times
PDF - 224 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.