IMPLEMENTASI METODE SIMA’I DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI DISABILITAS NETRA DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL BHAKTI CANDRASA SURAKARTA

Humam Zakaria, Alfin Miftahul Khairi

Abstract


Pembelajaran keagamaan berupa menghafal Al-Qur’an terkhusus bagi disabilitas netra sampai detik ini masih dihadapkan berbagai macam permasalahan, oleh karena itu dibutuhkan suatu inovasi metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penerapan metode sima’i dalam menghafal Al-Qur’an bagi disabilitas netra. Penelitian ini dilakukan di Rumah Pelayanan Sosial Bhakti Candrasa Surakarta. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan tiga tahapan yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dikemukakan oleh Miles & Huberman. Subjek dalam penelitian ini adalah pengajar Al-Qur’an yang berada di lembaga tersebut, sedangkan subjek pendukung adalah penghafal Al-Qur’an disabilitas netra. Dari hasil temuan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa proses penerapan metode sima’i dalam menghafal Al-Qur’an bagi disabilitas netra sangat efektif dilakukan serta dapat meningkatkan hafalan Al-Qur’an bagi disabilitas netra tersebut. Hal ini berdasarkan pada kegiatan inti dalam proses pembelajaran menghafal Al-Qur’an, hampir 90 % disabilitas netra mampu menghafal Al-Qur’an dengan cepat diikuti hukum-hukum bacaan Al-Qur’an yang benar.

 


Keywords


Metode sima’i, Menghafal Al-Qur’an, Disabilitas Netra

Full Text:

PDF

References


Fauziyah, S. (2018). Penerapan Metode Istima’ Dalam Pembelajaran Tahfidz Bagi Anak Penyandang Tunanetra Di Panti Asuhan ‘Aisyiyah Ponorogo.

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualiatif Teori & Praktik (1st ed.). Bumi Aksara.

Hajarman. (2019). Implementasi Metode Sima’i dan Takrir Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Muhammadiyah I Bandar Lampung. Skripsi, 1–126.

Izzan, A., & Agustin, H. F. (2020). Metode 4M: Tahfidz Al-Qur’an bagi Disabilitas Netra.

Khairiah, K. (2019). Penerapan Metode Sima’i dalam Menghafal Alquran Anak Tunanetra pada Panti Sosial Bina Netra Fajar Harapan Provinsi Kalimantan Selatan.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (38th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Muchith, M. S. (2015). Karakteristik Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan. HIKMAH, 2, 147–148.

Najib, M. (2018). Implementasi Metode Takrir Dalam Menghafalkan Al Quran Bagi Santri Pondok Pesantren Punggul Nganjuk. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman.

Nugroho, R. (2003). Prinsip Penerapan Pembelajaran (p. 158). Balai Pustaka.

Purwanto, R. N. (2020). Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an bagi Anak Berkebutuhan Khusus.

Ramayulis. (2015). Metodologi Pendidikan Agama Islam.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenadamedia.

Ulum, R. M. (2018). Penerapan Pembelajaran Tahfidz Menggunakan Metode Muraja’ah, Kitabah, dan Sima’i di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i2.218-228

Article Metrics

Abstract view : 540 times
PDF - 200 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.