STRATEGI MADRASAH DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTS AL WASHLIYAH MEDAN

Nopita Sari Harahap, Hernawan Syahputra Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan: 1) Strategi Madrasah dalam membentuk akhlakul karimah untuk pelajar MTs Al-Washliyah Medan, 2) Faktor pendukung dan penghambat terhadap pelaksanaan strategi madrasah dalam membentuk akhlakul karimah bagi pelajar MTs Al-Washliyah Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kaedah pengamatan, wanwancara, dan dokumentasi. Data-data ini diproses dengan analisis kualitatif interpretatif bermula dengan reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Melalui pendekatan ini, penulis dapati beberapa strategi madrasah dalam meningkatkan akhlak pelajar MTs Al-Washliyah Medan, antaranya: a) menerapkan nilai-nilai keagamaan, b) menanamkan disiplin pelajar, c) memberikan contoh yang baik, d) meningkatkan kemampuan profesional guru agama, e) memberikan kebijaksanaan atau nasihat yang baik kepada pelajar, f) menanamkan tabiat yang baik kepada pelajar,  g) komitmen bersama yang baik antara pengelolah madrasah, dan h) kerjasama dengan Ibu/Bapak. Di samping peneliti mencari beberapa strategi madrasah dalam meningkatkan akhlakul karimah pelajar MTs Al-Washliyah Medan seperti yang diterangkan di atas, peneliti juga menemukan pelbagai aktivitas dalam konteks membentuk akhlak pelajar, antaranya: a) bacaan bulanan, b) solat berjemaah, c) budaya salam, ihsan, ihsan, senyum, dan salam. 2). Faktor pendukung dan penghambat kepada pelaksanaan strategi madrasah dalam membentuk pelajar Akhlakul Karimah MTs Al-Washliyah Medan. a. Faktor pendukung termasuk: a) motivasi dan dukungan daripada keluarga, b) faktor kemudahan madrasah, c) faktor guru, dan d) komitmen bersama. Adapun faktor-faktor yang menghalang adalah: 1) Pengaruh Gadget dan Permainan Online 2) Lingkungan sekitar dan di luar Madrasah.

Keywords


Strategi Madrasah, Membentuk, Akhlaqul Karimah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Yatimin. 2006. Pengantar Studi Etika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Abdullah, Yatimin. 2007. Studi Akhlak dalam Persepektif Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.

Al-Ghazali, Muhammad. 1985. Akhlak seorang Muslim. Semarang: Wicaksana.

Alim, Muhammad. 2006. Pendidikan Agama Islam; Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Alim, Muhammad. 2006. Pendidikan Agama Islam; Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ardy Wiyani, Novan. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras

Bahri Djamarah, Syaiful. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daradjat, Zakiyah. 1995. Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Madrasah. Jakarta: Ruhama.

Darwis, Djamaluddin. 2006. Dinamika Pendidikan Islam, Sejarah, Ragam, dan Kelembagaan. Semarang: Rasail.

Departemen Agama Republik Indonesia. 2006. al-Quran dan Terjemahannya. Surabaya: Duta Ilmu.

Imam Abi Hamid Muhammad ibn Muhammad Al-Ghazali, Ihya’ Ulumuddin, Juz. III. Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyah, t.th

Kuncoro, Mudrajad. 2006. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga

Mahfud, Rois. 2011. Al-Islam; Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Erlangga.

Muhaimin. 2000. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Bandung: Nuansa.

Nasirudin. 2009. Pendidikan Tasawuf. Semarang: Rasail.

Siagian, P. Sondang. 2004. Managemen Strategi. Jakarta: Bumi aksara.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syukur, Amin. 2006. Pengantar Studi Islam. Semarang: Lembkota.

Tim Penyusun 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Yamin, Moh. 2009. Menggugat Pendidikan Indonesia. Jogjakarta: ArRuzz Media.

Yatimin Abdullah, M. 2007. Studi Akhlak dalam Perspektif al Qur’an. Jakarta: Amzah.

Zainuddin. 2000. Metode Pembentukan Akhlak. Jakarta: Alfa Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i1.128-141

Article Metrics

Abstract view : 463 times
PDF - 295 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.