KINERJA PENYULUH PERTANIAN DALAM PENGEMBANGAN USAHATANI MINAPADI DI DESA DENAI LAMA KECAMATAN PANTAI LABU

Ameilia Zuliyanti Siregar, Mukhlis Yahya, Fahrul Rozi

Abstract


Minapadi merupakan sistem inovasi budidaya padi dan ikan secara terintegrasi dalam suatu areal persawahan. Dalam pelaksanaannya, petani memerlukan keterlibatan penyuluh sebagai pendamping dan penyampai informasi yang dapat mendukung kegiatan budidaya minapadi. Tujuan dari pengkajian ini adalah mengetahui tingkat kinerja penyuluh pertanian dalam pengembangan usahatani minapadi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja penyuluh pertanian dalam pengembangan usahatani minapadi. Pengkajian ini dilaksanakan di Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang pada bulan Maret-Juli 2020. Metode pengumpulan data yaitu survei menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi dan sampel yang digunakan dalam pengkajian ini sebanyak 30 petani dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan Regresi Linear Berganda dengan program SPSS 19. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa tingkat kinerja penyuluh dalam pengembangan usahatani minapadi sebesar 77%, faktor fasilitas kerja berpengaruh -1,217, iklim organisasi berpengaruh 1,062, kompetensi 0,264, pengalaman 0,047, dan kompensasi -0,063. Kesimpulan pengkajian ini adalah tingkat kinerja penyuluh dalam pengembangan usahatani minapadi tergolong tinggi (77%) serta faktor fasilitas kerja dan iklim organisasi penyuluh berpengaruh terhadap kinerja penyuluh dalam pengembangan usahatani minapadi. Oleh sebab itu, disarankan kepada atasan penyuluh untuk memperhatikan faktor fasilitas kerja, iklim organisasi, dan pelatihan untuk meningkatkan kinerja penyuluh dalam pengembangan usahatani minapadi, serta pemberian penyuluhan kepada petani yang melakukan budidaya minapadi.


Keywords


Kinerja; Penyuluh Pertanian; Usahatani Minapadi

Full Text:

PDF

References


Bahua, Mohamad Ikbal. 2016. Kinerja Penyuluh Pertanian. Yogyakarta: Deepublish.

Jackson John, Mathis Robert. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat: Jakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2019. Diakses dari https://kbbi.web.id/kinerja pada tanggal 20 Februari 2020.

Margono Benny Purwindra. 2017. Pengaruh Gaya Komunikasi Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Petugas Penyuluh Lapangan Pertanian Di Kabupaten Siak. Tesis. Padang: Universitas Andalas.

Mutmainah, H. 2013. Pengaruh Kompensasi, Pelatihan, dan Peran Supervisor terhadap Kinerja yang Dimediasi oleh Kepuasan Kerja pada Karyawan Paguyuban Batik Laweyan Surakarta. Jurnal Graduasi, 29:. 1-20.

Nevia Mutia, Resisti. 2016. Pengaruh Kemampuan, Pengalaman Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. BPR Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, Sumatera Barat: STKIP PGRI.

Reber, Arthur. S & Emile S Reber. 2010. Kamus Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Sapar, Lanteng Butami. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Penyuluh Pertanian Dalam Peningkatan Produktivitas Kakao Di Kota Palopo. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 03 No. 01.

Septiani, Lim Sanny. 2013. Analisis Pengaruh Kompetensi Individu Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Beta Setia Mega. Jurnal Manajemen, Binus Business Review Vol. 4 No. 1: 274-282.

Sunarti, Sri. 2019. Pengaruh Fasilitas Kerja, Insentif Material dan Insentif Non Material Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus: BPRS Bangun Drajat Warga Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.

Syafruddin, Sunarru Samsi Hariadi. dan Sri Peni Wastutiningsih. 2013. Kinerja Penyuluh Pertanian Berdasarkan Faktor Personal Dan Situasional. Jurnal Psikologi Volume 40, No. 2 : 240 – 257

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2006. Tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan. Jakarta: Departemen Pertanian.

Wibowo. 2016. Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers. Edisi Kedua.

Wirawan. 2007. Budaya dan Iklim Organisasi : Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta : Salemba Empat




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jap.v5i2.2419

Article Metrics

Abstract view : 691 times
PDF - 435 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal AGROHITA
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Stn Mhd Arief N0 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

ISSN Online : 2615-336X   ISSN Cetak : 2541-5956

 Lisensi Creative Commons

Jurnal AGROHITA disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.