PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOKO BUAH SRIKANDI 3 DI KOTA BEKASI

Rossi Sagita Virginia, Mohamad Sam’un, Ekalia Yusiana

Abstract


Toko Buah Srikandi 3 adalah salah satu toko buah di Kota Bekasi yang menjual berbagai macam buah lokal maupun non-lokal untuk memenuhi kebutuhan buah-buahan. Toko Buah Srikandi 3 mengalami beberapa masalah salah satunya adalah loyalitas konsumen yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda menggunakan skala likert. Secara simultan variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), dan promosi (X4) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen karena memperoleh nilai signifikansi (0,000) > 0,05. Secara parsial bauran pemasaran produk (X1) memiliki nilai t hitung (3,109) > t tabel (1,66055), harga (X2) memiliki t hitung (1,988) > t tabel (1,66055), tempat (X3) memperoleh t hitung (4,786) > t tabel (1,66055), dan promosi (X4) memperoleh t hitung (3,064) > t tabel (1,66055) maka dapat dinyatakan keempat variabel bebas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen

Keywords


Bauran Pemasaran; Kepuasan Konsumen; Ritel Buah

Full Text:

PDF

References


Azizah, I. N., Arum, P. R., & Wasono, R. 2021. Model Terbaik Uji Multikolinearitas untuk Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Padi di Kabupaten Blora Tahun 2020 The Best Model for Multicollinearity Test to Analyze Rice Production’s Factors in Blora Regency on 2020. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 4, 61–69.

Badan Pusat Statistik Jakarta. 2023. Produksi Buah-buahan di Indonesia Pada Tahun 2017-2021. BPS DKI Jakarta.

Chrysanthini, B., Sumarwan, U., & Rifin, A. 2018. Preferensi Konsumen terhadap Produk Sayuran Organik (Studi Kasus Konsumen UD Fabela-Myfarm) di Bogor Jawa Barat. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 151.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. BP Universitas Diponegoro, Semarang.

Latif, M. M. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Sumber Utama Nusantara Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Lestiyono, U. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen CV. Multi Usaha Raya Jepara. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Mardiatmoko, G. 2020. Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342.

Putri, F. Y. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada Konsumen Swalayan Idayu Pandau Perm Pandau Jaya Kec. Siak Hulu Kab. Kampar. Disertasi. Universitas Islam Riau. Riau.

Qomariah N, Hermawan H, Setiawan. 2019. Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen. JSMBI (Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia) Vol. 9 No. 2 Desember Hal. 114-126 2019.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Deepublish. Sleman.

Siregar, S. 2019. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung

Wardani, F. F. K. 2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Hotel Kebon Agung Gebang Jember) The Effect of Marketing Mix to Customer’s Satisfaction (Case Study on Kebon Agung Hotel Gebang Jember).

Wibowo. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan

pada Restoran Soto Di Tangerang Selatan. Sekolah Tinggi Pariwisata

Trisakti, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jap.v8i4.12987

Article Metrics

Abstract view : 599 times
PDF - 279 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal AGROHITA
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Stn Mhd Arief N0 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

ISSN Online : 2615-336X   ISSN Cetak : 2541-5956

 Lisensi Creative Commons

Jurnal AGROHITA disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.