EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN
Sari
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan kode etik profesi dalam pengajar bk pada sekolah pada menaikkan ciri yg terdapat dalam anak didik. Kode etik dalammeningkatkan ciri anak didik yaitu wajib memegang teguh prinsip-prinsip & asas-asas yg terdapat pada bimbingan konseling. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Kualitatif. penelitian eksklusif pada pengajar BK yg terdapat pada SMAN 2 PERCUT SEI TUAN menggunakan Metode wawancara, observasi, & pula dokumentasi. Penerapan kode etik profesi BK bisa meningkatkan karakter anak didik, beliau berkata bahwa sejauh ini telah bisa meningatkatkan karakter anak didik lantaran kode etik kita wajib membimbing anak didik. Hambatan pada melaksakan dalammelaksanakan kode etik profesi BK merupakan komunikasi. Kode etik konselor merupakan gugusan standar, sistem nilai & moral yg melandasi perilaku anggota profesi dalam menjalankan kewajiban profesinya &hidup bermasyarakat menggunakan cara tertentu.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdillah, N., Kurniawati, S. Z., & Marjo, H. K. (2021). Pelaksanaan Kode Etik Konselor Dalam Hubungan Ganda Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 73–77. https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31133
ABKIN. (2018). Kode Etik Bimbingan Dan Konseling Indonesia. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5(2), 40–51.
Alawiyah, D., Rahmat, H. K., & Pernanda, S. (2020). Menemukenali Konsep Etika Dan Sikap Konselor Profesional Dalam Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 6(2), 84–101. https://doi.org/10.47435/mimbar.v6i2.457
Aniswita, Neviyarni, Nirwana, Mudjiran, H. (2021). KODE ETIK KONSELING: TEORITIK DAN PRAKSIS. Inovasi Pendidikan, 8(1a).
Bunyamin. (2022). STANDARISASI KODE ETIK PROFESI BIMBINGAN DAN KONSELING. Jurnal Sains Riset, 12(1), 186–192.
Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. DEPDIKBUD.
Hambali, M. R., Da, M., Ilmiyah, N., Kurniawati, N., Cahyaningrum, V. D., Fatoni, M., Kartini, A. Y., Lestari, I. W., & Rohmah, R. (2021). Etika Profesi. Agrapana Media.
Hotmauli, M. (2021). Penerapan Kode Etik Konseling Oleh Guru Bimbingan Dan Konseling Non BK. Journal Scientific Of Mandalika (JSM) e-ISSN 2745-5955, 2(12 (Desemb), 605–611.
Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara.
Muslihati, M. (2019). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 101. https://doi.org/10.17977/um001v4i32019p101
Nurmaulidya, A., Nurbaeti, N., & Marjo, H. K. (2021). Pengetahuan Konselor Dalam Etika Profesional Pada Konseling Setting Komunitas. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 53–63.
NUZLIAH, & SISWANTO, I. (2019). Standarisasi kode etik profesi bimbingan dan konseling nuzliah & irman siswanto 2. 64–75.
Pengurus Besar Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia. (2010). Kode Etik Profesi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) (PB ABKIN (ed.)).
S, Rahadjo dan Kusmanto, A. (2017). Pelaksanaan Kode Etik Profesi Guru Bimbingan dan Konseling SMP/MTS Kabupaten Kudus. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(2).
Suroso, A. S. & M. S. (2021). Optimalisasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Karakter Siswa. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, Volume 7 N.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i1.61-72
Article Metrics
Sari view : 3252 timesPDF - 3361 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.