MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI MASA NEW NORMAL
Erlina Harahap, Asmaryadi Asmaryadi, Ika Yuspita
Sari
Blended learning juga sebagai sebuah kombinasi pengajaran face to face dan pengajaran online, tapi lebih dari itu sebagai elemen interaksi sosial. Manfaat pembelajaran blended learning dalam dunia pendidikan adalah memberikan fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran. Siswa tidak perlu mengadakan perjalanan menuju tempat pelajaran disampaikan, e-learning bisa dilakukan dari mana, kapan saja asalkan memiliki akses ke Internet. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran blended learning di masa new normal. Jenis penelitian ini menggunakan metode survey. Penelitian survey sangat cocok digunakan dalam mengungkap motivasi siswa dalam pembelajaran daring. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa aktif di SMA Negeri 1 Siabu yang berjumlah 50 orang siswa yang mendapatkan pembelajaran daring dan luring selama masa new normal. Instrumen menggunakan data survey dalam bentuk kuisioner yang dibuat dalam google form agar mudah di akses oleh siswa. Survey yang dibuat bertujuan untuk mengungkap secara detail tentang motivasi siswa dalam pembelajaran blended learning. Berdasarkan hasil analisis motivasi siswa terhadap pembelajaran blended learning selama masa new normal diperoleh rata-rata skor presentase keseluruhan adalah 73,33% dengan kategori cukup, sehingga dapat diartikan bahwa siswa SMA Negeri 1 Siabu memiliki motivasi yang sedang terhadap pembelajaran blended learning. Simpulan mengungkapkan indikator motivasi belajar seperti konsentrasi, rasa ingin tahu, semangat, kemandirian, kesiapan, pengendalian diri, percaya diri menunjukkan kriteria yang cukup baik hal ini dapat dikatakan bahwa di tengah pandemik covid-19 yang melanda dunia tidak menjadi alasan walaupun dalam pelaksanaannya terdapat keterbatasan. Kondisi pandemi ini teknologi menjadi jembatan dalam mentransfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa.
Kata Kunci
motivasi, siswa, blended learning
Referensi
Dhull, I. dan S. (2017). Online Learning. International Education & Research Journal (IERJ), 3(8), 32–34. Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5, 88–105.
Martinis Yamin. (2010). Kiat Membelajarkan
Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press
Sugiyono (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sobur Alex. (2003). Psikologi Umum, Edisi Revisi. Bandung: Penerbit Pustaka Setia.
Darmawati. 2011. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri 25 Air Tawar Selatan Kecamatan Padang Utara Kota Padang (Skripsi). Padang: Penjaskes UNP
Dwidianingrum. 2011. Hubungan Antara Optimisme dan Coping Stres Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Psikologi Volume 9 Nomor 1.
Sudrajat, Akhmad, 2010, Defenisi Pendidikan Menurut Undang-undang No.20 Tahun2003,(https://akhmadsudrajad.wordpress.com.diakses.Desember 2010).
DOI:
http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i1.55-60
Article Metrics
Sari view : 786 times
PDF - 1684 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.