EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI BERBASIS VIDEO TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG STRATEGI 3R RESTORASI GAMBUT

Anggi Setiawan, Bambang Hariyadi, Rully Andi Yaksa

Sari


Lahan gambut terus mengalami degradasi. Pemerintah melalui Badan Restorasi Gambut melakukan upaya restorasi gambut dengan strategi 3R, yaitu rewetting, revegetation, dan revitalization yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Pemahaman siswa tentang strategi tersebut masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengukur efektivitas layanan informasi berbasis video terhadap peningkatan pemahaman siswa tentang strategi 3R restorasi gambut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Design yang digunakan adalah nonequivalent control group dengan metode sampling yaitu purposive sampling yang berjumlah 64 siswa, 32 siswa XI MIPA 2 dan 32 siswa XI MIPA 4 di SMAN 5 Tanjung Jabung Timur. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner skala pemahaman dengan skala pengisian jawaban Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired samples t-test. Berdasarkan hasil analisis data bahwa layanan informasi berbasis video efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang strategi 3R restorasi gambut.

Kata Kunci


Layanan Informasi, Video, Restorasi Gambut

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baharuddin, I. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2) 90-97.

Kristhy, M. E., Hakim, A. L., Widyawan, E., Claudia, C., Limbong, M. R., Sarvon, W., & Mahendra, W. (2021). Meningkatnya Kesadaran Masyarakat Terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut Setiap Tahunnya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Media Ganesha FHIS, 2(2), 82-91.

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. EDISI, 2(1), 132-139.

Masganti, M., Marpoyan, P., Wahyunto, W., & Dariah, A. (2014). Karakteristik dan Potensi Pemanfaatan Lahan Gambut Terdegradasi di Provinsi Riau. Jurnal Sumberdaya Lahan. 8(1), 59-66.

Muhardi, M. 2004. Kontribusi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan. 20(4), 478-492.

Prayitno. (2017). Konseling Profesional yang Berhasil: Layanan dan Kegiatan Pendukung. Depok: Rajawali Pers.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal kebijakan dan pengembangan pendidikan, 3(1), 42-47.

Putra, P. (2015). Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Terhadap Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Syariah Psak-Syariah. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi dan Komputerisasi Akuntansi, 6(1), 38-50.

Ritung, S. (2020). Perubahan Luasan Lahan Gambut dari Hasil Pemetaan Lahan Gambut. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian: Kemeterian Pertanian. Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i1.37-46

Article Metrics

Sari view : 576 times
PDF - 337 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.