PERANAN KANTOR URUSAN AGAMA DALAM MEMBERIKAN EDUKASI BK PRA-NIKAH

Laina Sari, Winda Alawiyah, Annisa Arumaisyah Daulay

Sari


Sebelum melakukan pernikahan konseling pra-nikah sangat penting untuk dilakukan agar adanya pengetahuan dan pemahaman calon pasangan suami istri. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif  yang tergolong ke dalam penelitian studi literatur dengan menemukan sebuah referensi teori yang sesuai dengan fenomena yang ditemukan. Sebelum melaksanakan pernikahan calon pengantin dianjurkan untuk melakukan konseling pra-nikah yang bertujuan agar calon pengantin mempunyai bekal atau ilmu serta dapat mencari solusi apabila terjadi masalah-masalah di dalam rumah tangga

Kata Kunci


Konseling; Pra-nikah; KUA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbarjono, A., & Ellyana. (2019). Modul Bimbingan Perkawinan Untuk Pengantin. Bengkulu : Zigie Utama

Fuziyah, Z. Z. (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas XI MIA 1 Madrasah Aliyah Alauddin Pao-Pao Dan MAN 1 Makassar. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Hakim, L. M. (2017). Kursus Pra-Nikah : Konsep dan Implementasinya (Studi Komperatif Antara BP4 KUA Kec. Pontianak Timur Dengan GKKB Jemaat Pontianak). Al-Maslahah. Volume 13. Nomor 2.

Iskandar, R. M. (2018). Urgensi Bimbingan Pra-Nikah Terhadap Tingkat Pencerian. JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling). Volume 2. Nomor 1.

Justiani, N. B., & Mustofa, Z. M. (2020). Bimbingan Pra Nikah Dalam Pembentukan Keluarga Sakinah. IKTISYAF. Volume 2. Nomor 1.

Nursafitri, I. (2016). Memahami Pernikahan Dalam Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Santoso. (2016). Hakekat Perkawinan Menurut Undang-undang Perkawinan, Hukum Islam dan Hukum Adat. YUDISIA. Volume 7. Nomor 2.

Sundani, L. F. (2018). Layanan Bimbingan Pra Nikah Dalam Membentuk Kesiapan Mental Calon Pengantin. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam. Volume 6, Nomor 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i1.32-36

Article Metrics

Sari view : 765 times
PDF - 534 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.