GAMBARAN PENYESUAIAN DIRI SISWA BARU KELAS X MA HIDAYATUL INSAN FII TA’LIMIDDIN KOTA PALANGKA RAYA

Annisa Annisa

Sari


Penyesuaian diri pada siswa baru sangat dibutuhkan mengingat bahwa setiap hari siswa berkomunikasi baik secara langsung atau tidak langsung kepada guru, teman sebaya dan lingkungan sosial tempat siswa bersekolah. Dari hasil temuan ini anak-anak yang mudah dalam penyesuaian diri mendapat dukungan dan motivasi dari orang tua, teman sebaya dan guru maka dari itu dukungan external itu berhasil membuat mereka menumbuhkan motivasi secara internal untuk dapat mengatasi masalah penyesuaian diri yang mereka hadapi. Maka dari itu perlumelihat bagaimana gambaran penyesuaian diri pada siswa baru kelas X MA Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan informan 6 orang siswa/i yang terdiri dari 3 orang siswa laki-laki dan 3 orang siswa perempuan.Keberhasilan siswa dalam penyesuaian diri dapat diatasi jikasiswa mampu menyesuaikan diri dengan baik secara akademik dan lingkungan sosial.

Kata Kunci


Penyesuaian Diri; Siswa Baru; MA Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aridhona, Julia. t.t. “Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual dan Kematangan Emosi Ddengan Penyesuaian Diri Remaja.” 10.

Aristya, Della Nur, dan Anizar Rahayu. t.t. “Hubungan Dukungan Sosial Dan Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Remaja Kelas X Sma Angkasa I Jakarta.” 7.

Choirudin, Muchamad. 2016. “Penyesuaian Diri Sebagai Upaya Mencapai Kesejahteraan Jiwa.” Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam 12(1):1–20. doi: 10.14421/hisbah.2015.121-07.

Endang, Wiwin Nur, Heris Hendriana, dan Devy Sekar Ayu Ningrum. 2021. “Gambaran Penyesuaian Diri SIswa Kelas X IPA 3 SMA Negeri Garut.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan) 4(1):32. doi: 10.22460/fokus.v4i1.5822.

Fatah, Vera Fauziah. 2022. “Penyesuaian Diri Siswa Sma Terhadap Pembelajaran Dimasa Adaptasi Kebiasaan Baru.” 14(2):8.

Faz, Gerry Olvina. t.t. “Persepsi Remaja Pelaku Tindak Pidana Terhadap Gaya Pengasuhan Orang tua.” 11.

Hairullah, Safrudin. 2019. “Program Bimbingan Dan Konseling Pribadi-Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa Smk Negeri 2 Banjarmasin.” 5:10.

Mahmudah, Fiana, Desi Erawati, dan Ihsan Mz. 2021. “The Relationship Between Introvert Personality And Social Anxiety In Iain Palangka Raya Students.” 4(2):25.

Mariyani, Veni, dan Rully Andi Yaksa. 2022. “Harapan Siswa Terhadap Guru Bk Dalam Kunjungan Rumah Di Smp Negeri 5 Kota Jambi.” Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling 7(2):165. doi: 10.31604/ristekdik.2022.v7i2.165-173.

Nadzir, Ahmad Isham, dan Nawang Warsi Wulandari. t.t. “Hubungan Religiusitas Dengan Penyesuaian Diri Siswa Pondok Pesantren.” 10.

Randi, Peni Okto. 2021. “Penyesuaian Diri Siswa Sekolah Berasrama (Studi Deskriptif Komparatif Terhadap Siswa SMAN 1 Sumatera Barat).” Indonesian Counseling And Psychology 1(2):26. doi: 10.24114/icp.v1i2.25761.

Ratnawati, Ratnawati. 2019. “Metode Perawatan Kesehatan Mental Dalam Islam.” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 3(1):69. doi: 10.29240/jbk.v3i1.828.

Saputro, Yusup Adi, dan Rini Sugiarti. 2021. “Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Konsep Diri terhadap Penyesuaian Diri pada Siswa SMA Kelas X.” 5:14.

Seriwati, Siti. 2017. “Penerapan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Di Sekolah.” 3:5.

Shasra, Said Farhan. 2022. “Gambaran Homesickness Siswa Baru di Pondok Pesantren.” 6.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i1.161-167

Article Metrics

Sari view : 1507 times
PDF - 675 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.