PENINGKATAN SELF CONFIDENT SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 0713 PIR TRANS SOSA IA DI SD NEGERI 0713 PIR TRANS SOSA IA TAHUN 2022

Siti Holija Ritonga

Sari


Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah Terdapat Peningkatan Self Confident siswa kelas V SD Negeri 0713 Pir Trans Sosa IA”?. Tujuan penelitian adalah Untuk Mengetahui Apakah Terdapat Peningkatan Self Confident siswa pada pelajaran agama Islam di SD Negeri 0713 Pir Trans Sosa IA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan Teknik Purposive Sampling menentukan kriteria dan pada jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Dengan Metode Eksperimen. Desain Penelitian Ini Adalah Pretest dan Posttest.Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah mempergunakan perhitungan korelasi product moment, yaitu: berdasarkan hasil perhitungan yang penulis lakukan melalui rumus korelasi product momentdengan SPSS diperolehhasil pretest eksperimen 892 dengan Rata-rata 89,2 dan posttest kelompok eksperimen 911 dengan Rata-rata 91,1   dengan jumlah sampel pada kelas eksperimen sebanyak N=10 dan kelas kontrol sebanyak N=10 dan taraf  signifikan 5% adalah 0.05. maka penulis menyimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima.

Kata Kunci


Self Confident, Pendidikan Agama Islam

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fadilah,SN. 2019.,Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling

Islam, Fatimah, D. 2015. Confidence Percaya Diri Sumber Sukses dan Kemandirian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Fatimah, E. 2010.Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Cv Pustaka Setia

Ghufron, dan Rini, R. Teori-Teori Psikologi. (Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2011), Herwanto,R.2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Idrus, M., dan Anas, R. (2008).Hubungan Kepercayaan Diri Remaja dengan Pola Asuh Orang Tua.Jawa Jurnal Psikologi,

Kristanto, V. H. 2018. Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI).Yogjakarta : CV Budi Utama,

Puspitaningsih, I.T.,(2014). Hubungan rasa percaya diri dan komunikasi interpersonal dengan aktualisasi diri. Jurnal BK UNESA,

Romlah, Tatiek. 2006. Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang,

Syafitri, Selviana. 2014. Pengaruh Harga Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Aktualisasi Diri, di Samarinda. Jurnal Psikologi, Volume 2, Nomor 2,

Sugiyono (2015).Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods).Bandung: Alfabeta Sumarna, S. 2009. Analisis,Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi .Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sujarweni, VW. 2014. Metode Penelitian: Lengkap,Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i2.254-261

Article Metrics

Sari view : 225 times
PDF - 251 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.