DUKUNGAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 11 PADANGSIDEMPUAN

Nurhasanah Pardede, Erlina Harahap, Sukatno Sukatno, Ulfa Daiyana Dalimunthe, Harun Arrasyd

Sari


Tujuan yang ingin dicapai adalah : (1) Untuk mengetahui tingkat pembukaan diri siswa diberikan layanan bimbingan kelompok pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (2) Untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan pembukaan diri siswa. Metode penelitian yang digunakan True experimental design dengan bentuk preetest-posttest Control Group Design. Dengan sampal kelompok eksperimen yaitu VIII – 2 sebanyak 10 siswa dan kontrol yaitu kelas VIII – 3 sebanyak 10 siswa sehingga jumlah sampel 20 siswa.

Hasil temuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap peningkatan yang signifikan antara hasil preetest kontrol dan posttest eksperimen. Rata-rata variabel pengendalian perkembangan emosi siswa sebesar 143.5000 (Posttest eksperimen) sedangkan kelas kontrol 141.1000 (Posttest kontrol) ini terlihat perbedaan yang sangat signifikan.

Hasil pengelolaan data, menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan pembukaan diri siswa SMP Negeri 1 Sipirok.


Kata Kunci


Pembukaan Diri; Bimbingan Kelompok

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dalyono. M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slameto. (2010).Kemandirian Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengeruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto.(2010).Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.Jakarta:Rineka Cipta

Sudjana, (2006). Prestasi belajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Dalyono. (2012), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Djaali. (2001), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Muhibin Syah. (2012)Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosada Karya

Yusuf dan Nani M. Sugandhi.(2010), Perkembangan Peserta Didik,Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Slameto.(2010).Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta:Rineka Cipta

Sudjana, Nana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Cohen dan Syme, 1985 (dalam Imam Sunardi, 2004:27) Faktor Yang Mempengaruhi Dukungan Keluarga. Jakarta: Rosada Karya

Suharsimi Arikunto (2010: 276)uji realibilitas. Jakarta: Rineka Cipta.

Menurut Ghozali (2016;154)uji normalitasJakarta: Grasindo

Sugiyono dan Susanto (2015:323)uji linearitas. Bandung: Alfabeta.

Bougie (2017:139)uji regresi sederhanaJakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi. (2004). Analisa Regresi. Yogyakarta : Andi Offset.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Winkel. (1996). Psikologi pengajaran. Jakarta: Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i2.262-267

Article Metrics

Sari view : 583 times
PDF - 451 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.