DUKUNGAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 11 PADANGSIDEMPUAN
Sari
Tujuan yang ingin dicapai adalah : (1) Untuk mengetahui tingkat pembukaan diri siswa diberikan layanan bimbingan kelompok pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (2) Untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan pembukaan diri siswa. Metode penelitian yang digunakan True experimental design dengan bentuk preetest-posttest Control Group Design. Dengan sampal kelompok eksperimen yaitu VIII – 2 sebanyak 10 siswa dan kontrol yaitu kelas VIII – 3 sebanyak 10 siswa sehingga jumlah sampel 20 siswa.
Hasil temuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap peningkatan yang signifikan antara hasil preetest kontrol dan posttest eksperimen. Rata-rata variabel pengendalian perkembangan emosi siswa sebesar 143.5000 (Posttest eksperimen) sedangkan kelas kontrol 141.1000 (Posttest kontrol) ini terlihat perbedaan yang sangat signifikan.
Hasil pengelolaan data, menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan pembukaan diri siswa SMP Negeri 1 Sipirok.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Dalyono. M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Slameto. (2010).Kemandirian Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengeruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto.(2010).Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.Jakarta:Rineka Cipta
Sudjana, (2006). Prestasi belajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Dalyono. (2012), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Djaali. (2001), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Muhibin Syah. (2012)Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosada Karya
Yusuf dan Nani M. Sugandhi.(2010), Perkembangan Peserta Didik,Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Slameto.(2010).Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta:Rineka Cipta
Sudjana, Nana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Cohen dan Syme, 1985 (dalam Imam Sunardi, 2004:27) Faktor Yang Mempengaruhi Dukungan Keluarga. Jakarta: Rosada Karya
Suharsimi Arikunto (2010: 276)uji realibilitas. Jakarta: Rineka Cipta.
Menurut Ghozali (2016;154)uji normalitasJakarta: Grasindo
Sugiyono dan Susanto (2015:323)uji linearitas. Bandung: Alfabeta.
Bougie (2017:139)uji regresi sederhanaJakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutrisno Hadi. (2004). Analisa Regresi. Yogyakarta : Andi Offset.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Winkel. (1996). Psikologi pengajaran. Jakarta: Grasindo
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i2.262-267
Article Metrics
Sari view : 583 timesPDF - 451 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.