EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI SMA N 5 PADANG.

Sri Gustina Rambe, Yeni Karneli

Sari


Pemahaman yang rendah tentang bahaya penyalahgunaan narkoba akan mendorong siswa untuk melakukan perilaku menyimpang. Pelajar yang mengonsumsi narkoba biasanya diawali dengan perkenalannya dengan rokok. Pengaruh tekanaan kelompok sebaya sangat besar, yang menawarkan atau membujuk untuk merokok, dan rasa ingin tahu sehingga dia mencoba merokok beberapa kali. Karena kebiasaan merokok ini sepertinya sudah menjadi hal yang wajar di kalangan pelajar saat ini. Dari kebiasaan inilah, pergaulan terus meningkat, apalagi ketika pelajar tersebut bergabung ke dalam lingkungan orang-orang yang sudah menjadi pecandu narkoba. Awalnya mencoba, lalu kemudian mengalami ketergantungan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba adalah dengan layanan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan informasi dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa SMA N 5 Padang dan subjek dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian digunakan dengan model Skala Likert, kemudian data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Independent Sampel dengan bantuan SPSS versi 22.00.

 


Kata Kunci


Bahaya Penyalahgunaan Narkoba; Layanan Informasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Catio, Muchlis. 2005, Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba Di Lingkungan Pendidikan, Badan Narkotika Nasional.

Hadi, Firman, Karneli, Yusri, Zikra, & Yendi. 2019. Efektivitas Pendekatan Konseling Realitas Setting Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Dampak Bahaya Narkoba. Neo Konseling, Volume 00 Number 0020XX

Karneli, Y., Ardimen, A., & Netrawati, N. (2019). Keefektifan Konseling Modifikasi Kognitif Perilaku untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(2), 42–47.

Suryawatia, E., Osmanb, K., & Meerahc, T. S. M. 2010. The effectiveness of RANGKA contextual teaching and learning on students’ problem solving skills and scientific attitude. Journal Social and Behavioral Sciences, DOI:10.1016/j.sbspro.2010.12.389, 1877-0428 © 2010 Published by Elsevier Ltd. Faculty of Education, Universiti Kebangsaan Malaysia. (Online), Vol. 12, No. 389:1717-1721, (http://www.sciencedirect.com/, diakses pada tanggal 25 Desember 2016).

Willis, Sofyan S. 2010. Remaja dan Masalahnya. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i2.193-200

Article Metrics

Sari view : 597 times
PDF - 561 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.