ANALISIS PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK VIRTUAL DI ERA NEW NORMAL DI SMP NEGERI 35 PALEMBANG

Cik Mutiah, Erfan Ramadhani, Nurlela Nurlela

Sari


Pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok  terjadi perubahan selama pandemi Covid-19 yang sebelumnya dilaksanakaan dengan tatap muka berubah menjadi secara virtual, Begitu pula dengan proses layanan bimbingan kelompok yang mulanya dilaksanakan secara langsung atau tatap muka dan di masa pandemi sekarang dilaksanakan secara virtual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Bimbingan Kelompok virtual di SMP Negeri 35 Palembang. Informan penelitian yang digunakan ialah Guru Bimbingan dan konseling dengan peserta didik di SMP Negeri 35 Palembang. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok virtual di era new normal di SMP Negeri 35 Palembang, Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa peneliti melihat hasil  analisis Pelaksanaan Bimbingan Kelompok virtual  Pelaksanaan Bimbingan Kelompok virtual yaitu Guru bimbingan dan konseling melakukan assessment terlebih dahulu sebelum memberikan layanan bimbingan kelompok, dan menyiapakan RPL dan membagikan materi tersebut ke peserta didik melalui Grup whatssap kelas dan mempersiapkan media yang digunakan yaitu aplikasi zoom metting dan menyiapkan link zoom tersebut dengan menggunakan topik bebas. dalam pelaksanaan Bimbingan kelompok virtual terdapat lima tahapan yaitu, Tahap  Pembentukkan,Tahap  Peralihan,Tahap Kegiatan, Tahap Pengakhiran, Tahap Penutup. dan Guru bimbingan dan konseling melakukan evaluasi dengan cara laiseg, bentuk penilaian berupa keaktifan dan sikap peserta didik.


Kata Kunci


Bimbingan Kelompok Virtual, Era New Normal

Referensi


Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi.

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Darmadi, H. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung:

Alfabeta.

Febby Rahmawati, H. H. (2021). Bimbingan kelompok berbasis online dengan teknik diskusi untuk siswa yang memilliki minat belajar bahasa inggris rendah. program studi bimbingan dan konseling IKIP siliwangi .

Kamaruzzaman. (2016). Bimbingan Konseling. jalan Ya'M. Sabran, Tanjung Hulu, Pontianak 78237: Pustaka rumah aloy.

Maunti, M. (2021). meningkatkan perilaku disiplin peserta didik dalam pembelajaran daring melalui layanan bimbingan kelompok wa grup di smp negeri 3 telaga. Nonformal, AKSARA : Jurnal Ilmu Pendidikan .

Prasetya, A. (2017). Teknologi informasi. Jurnal mahasiswa BK An-nur .

Putri Damyanati, h. h. (2022). Bimbingan kelompok online dengan teknik diskusi untuk keterampilan sosial rendah. Program studi bimbingan dan konseling IKIP Siliwangi .

Rosmalia. (2016). Layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik diskusi dalam meningkatkan rasa percaya peserta didik kelas VII N 2 Lampung Selatan.

Rudi, H. (2020). Peran Chat Group Untuk Mengoptimalkan Layanan dan Bimbingan Konseling Kelompok Online Diabad 21. Jurnal Mahasiswa BK An - Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia , 15.

Sugiyono. (2016). Teknik Pengumpulan Data. 224.

Syifa, N. F. (2021). Menjadikan peserta didik SMK gemar berwirausaha. Jalan. KH. Abu Alim No.40 Desa Krenceng dusun jati sari kec. kepung Kab. Kediri, Jawa Tengah: Pemeral Edukreatif.

Waluyati, i. T. (2020). penerapan new normal dalam masa pandemi covid 19 disekolah.

Wibowo, A. (2017). Layanan bimbingan kelompok mahasiswa prodi BK menggunakan media Ict basis social media. Jurnal mikrotik7 .

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i2.156-164

Article Metrics

Sari view : 1018 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.