PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA YANG MEMILIKI EKONOMI LEMAH UNTUK STUDI LANJUT

Nurul Izzah Fathia, Muhammad Ferdiansyah, Endang Surtiyono

Sari


Tujuan dari penelitian ini untuk dapat menggambarkan motivasi siswa yang memiliki ekonomi lemah untuk melanjutkan studi sebelum diberikan bimbingan kelompok masih rendah, untuk menggambarkan motivasi yang diberikan kepada siswa untuk melanjutkan studi setelah diberikan bimbingan kelompok mengalami peningkatan, serta dapat perbedaan tingkat motivasi siswa yang memiliki ekonomi lemah untuk melanjutkan studi setelah melakukan bimbingan kelompok. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian adalah metode quasi experimental design. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Sebelum angket disebarkan diuji validitas dan reliabilitasnya, data analisis menggunakan rumus statistik non parametric yaitu uji t ((Paired Samples Test)) untuk data berpasangan dianalisis menggunakan SPSS Versi 23.0. Berdasarkan hasil analisis uji t dua sampel berpasangan (Paired Samples Test), maka dapat diperoleh hasil, yaitu: thitung (10,931) > ttabel (1,833), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, layanan bimbingan kelompok efektif terhadap motivasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Agung. Hal tersebut menunjukkan nilai rata-rata sesudah diberikannya layanan bimbingan kelompok kepada siswa lebih besar dari nilai rata-rata sebelum diberikannya layanan bimbingan kelompok kepada siswa, maka dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi siswa memiliki ekonomi lemah untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi.


Kata Kunci


Layanan Bimbingan Kelompok; Motivasi; Studi Lanjut

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


David Wahyullah. 2014. Peningkatan Kesiapan Melanjutkan Studi kePerguruan Tinggi Melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Ngaglik.Skripsi.Jurusan Bimbingan dan Konseling.Fakultas Ilmu Pendidikan Semarang.Universitas Negeri Yogyakarta.

Dewi, R. 2012. Penelitian Pendidikan. Medan: Pasca Sarjana Unimed

Hapsyah (2019).Bimbingan Kelompok dengan pendekatan rational emotive behavior therapy (REBT) dalam meningkatkan motivasi belajar

Edy Sutrisno (2017) Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Minat Masuk Perguruan Tinggi Siswa Smk Negeri 2 Boyolangu.Jurnal Konseling Vol 1. Nomor 08, Tahun 2017.

Emda Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.

Esti, Setya Rini. 2012. Hubungan tingkat pendidikan orang tua dan prestasibelajar siswa dengan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan tahun ajaran 2011/2012. Skripsi.Diakses pada tanggal 25 Desember 2020.

(http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/878).

Jandiko Saputra (2017), Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Di Sma Negeri 1 Membalong Kelas Xii Tahun Ajaran 2016/2017.diakses pada 25 Januari 2020 jam 23:33.

Khoirunisa, 2014.Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII AKUNTASI Smk Negeri 1 Kendal. Economic Education Analysis Journal, [S.I.], v. 3, n. 2, Juni 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i2.150-155

Article Metrics

Sari view : 912 times
PDF - 548 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.