Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas III-A SD Negeri 200108 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2020-2021

Juliana Juliana

Sari


Penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri 200108  Padangsidimpuan Subjek berjumlah 26 orang. Objek dalam penelitian ini siswa dan  pembelajaran pada materi perkalian dan pembagian. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournaments. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Alat pengumpul data adalah tes, observasi dan wawancara dengan siswa.

Dengan menerapkan Pendekatan Kooperatif Tipe TGT pada materi perkalian dan pembagian bilangan di Kelas III-A SD 200108  Padangsidimpuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa masing-masing nilai rata-rata tes hasil belajar setiap siklus adalah siklus I: 73,08  siklus II: 82,31. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,23. Melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan kooperatif tipe TGT pada materi perkalian dan pembagian bilangan tercapainya ketuntasan belajar secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian, setelah diberikan tindakan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 73,08%, sedangkan pada tes hasil belajar II diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 92,31% datau meningkat sebesar 19,23% dari siklus I. sehingga pendekatan kooperatif tipe TGT pada materi perkalian dan pembagian bilangan dapat tuntas hasil belajar di Kelas III-A SD 200108  Padangsidimpuan

Kata Kunci


Model Kooperatif, Hasil Belajar.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdurrahman, Mulyono., (2003), Pendidikan Bagi Anak Yang Berkualitas Belajar, Rineka Cipta, Jakarta

Amri, K. “Peran Perguruan Tinggi Dan Skill Guru Bimbingan Dan Konseling 4.0.” Konvensi Nasional Bimbingan dan Konseling XXI, no. April (2019): 27–29

Armanto, D., Aspek Perubahan Pendidikan Dasar Matematika Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR), Makalah Disampaikan pada Seminar Nasional RME, 5 November 2001.

Mead, G.H., (2007), Teori Interaksi, http://google.co.id.

Muslich, M., (2008),KTSP Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Bumi Aksara, Jakarta

Nurhadi., (2004), Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban, Penerbit : Grasindo, Jakarta

Nurkencana, W, (1986), Evaluasi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional

Saco., (2008), Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, http://suhadinet.wordpress.com/2008/06/14/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-tgt-silakan-download/

Sanjaya, Wina.,(2008),Strategi Pembelajaran, Kencana, Jakarta

Sadirman, A.M., (2003), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Penerbit: Raja Grasindo Persada, Jakarta

Slameto,(2003), Belajar Dan Fakto-faktor yang mempengaruhi, Jakarta: PT Bineka Aksara

Slavin, R.,(1995), Cooperative Learning Research and Practise, Second Edition Nassachusetts, Allyn Baon Publisher

Syah, M., (2006), Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya

Trianto, (2009), Mendesain Model Pembeajaran Inovatif Progresif, Penerbit Kencana, Jakarta.

Wena,Made, (2011), Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Bumi Aksara. Jakarta

Setyaputri, N., Lasan, B., & Permatasari, D. (2016). Pengembangan Paket Pelatihan “Ground, Understand, Revise, Use (GURU)-Karier” untuk Meningkatkan Efikasi Diri Karier Calon Konselor. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(4), 132-141. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/bk/article/view/6783→Jurnal online

Shelly, D. R. (2010). Periodic, chaotic, and doubled earthquake recurrence intervals on the deep San Andreas fault. Science, 328(5984), 1385-1388.→Jurnal cetak

Makmara. T. (2009). Tuturan persuasif wiraniaga dalam Berbahasa Indonesia: Kajian etnografi komunikasi. (Unpublished master’s thesis) Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.→Tesis




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i1.133-142

Article Metrics

Sari view : 621 times
PDF (English) - 282 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.