PENGARUH MODEL LEARNING TOGETHER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VII MTS.MUHAMMADIYAH 22 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Ali Nurdin

Sari


        Tujuan dalam penelitian ini adalah :Untuk mengetahui serta mengkaji bagaimana pengaruh model learning together bagi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan prestasi belajar peserta didik.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi 60 orang dan yang menjadi sampel adalah 30 orang Alat pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan melakukan tes angket, kemudian untuk mengetahui apakah dengan adanya learning together dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik di kelas VII MTs.Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2020-2021. Maka penulis menggunakan rumus Product Moment.

Dari hasil perhitungan koefisien korelasi maka diperoleh rxy= 0,995 jika angka indeks korelasi tersebut dikorelasikan dengan “r” table produkct momen, maka di dapat bahwa pada taraf signifikan 5% dengan n= 30 dan derajat kesalahan 5%= 0,374 dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai rxy lebih besar dari pada rtabel yakni : 0,995>0,478 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima kebenarannya dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh learning together dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di kelasVII MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan Tahun pelajaran 2020-2021.


Kata Kunci


model learning together; prestasi belajar; peserta didik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anni, 2007, PsikologiBelajar, Semarang,UPT , UNNES,Press.

Arikunto, Suharsimi , 2009, ManajemenPenelitian, Jakarta : PT. RinekaCipta.

Aswan, 2009, Metode-MetodePembelajaran, Bandung : BalaiPustaka.

Aswar, Syaifuddin, 2010,MetodePenelitian,Yogyakarta : PustakaPelajar.

BahriSyaipul ,Djamarah, 2011 StategiBelajarMengajar, Bandung : Pustaka

Setia.

Bahri, Syaifuddin, 2012, BelajarPembelajaran, Jakarta : SalembaEmpat, 2012, hal.34

Dikutipdari :https;//dilihatya.com/2236/pengertian –pengaruh-menurut-para-

ahli.

Dalyono, M. 2005, Teori-TeoriPembelajaran, Surabaya :Tarsito.

Danim, Sudarwan, 2010, MotivasiKepemimpinan&Efektivitaskelompok,

Jakarta,RinekaCipta.

Trianto.2009,MendesainModelPembelajaranInovatifProgresif.

Surabaya :Kencana Prenada Media Group.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur Dan

Model Terapan. Yogyakarta: PustakaPelajar




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i1.110-115

Article Metrics

Sari view : 429 times
PDF - 209 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.