IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANNUR JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Pupi Wirdatus Sa'diah, Yurike Kinanthy Karamoy, Arifin Nur Budiono

Sari


Penelitian tentang Implementasi layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management dalam meningkatkan Self Control siswa kelas VIII MTs Ma’arif Annur Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan sampel sebanyak 7 siswa dari 25 siswa yang dipilih berdasarkan Random sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, serta tes. Dan analisa data dengan model Miles & Huberman melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian Self Control dari pra siklus di peroleh skor 387 dengan rata-rata presentase 45% berada pada kategori rendah, siklus I memperoleh skor total 504 dengan rata-rata presentase 64% berada pada kategori sedang, dan pada siklus II memperoleh skor total 642 berada pada presentase 78% berada pada kategori sedang tinggi, jadi dari pra siklus, siklus I, siklus II hasilnya 45% menjadi 78% ada peningkatan 33%. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik Self Management dapat meningkatkan Self Control siswa kelas VIII MTs Ma’arif Annur Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.

 


Kata Kunci


layanan konseling kelompok; self management; self control

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardimen. 2017. “Peningkatan Kompetensi Profesional Calon Konselor Dalam Menulis Proposal Penelitian.” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1 (1)

Ahmad, Fiki Eka Sugianto. 2016. “Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Kontrol Diri." Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia

Gunarsa S.D. 1996. Psikologi untuk Membimbing. Jakarta : Libra.

Hermawan, Heru, Gantina Komalasari, and Wirda Hanim. 2019. “Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa: Sebuah Studi Pustaka.” JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) 4(2)

Lutfiyani, Vivi, Putra Bhakti, and Universitas Ahmad Dahlan. 2017. “Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Dalam Pengembangan Self-Knowledge Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Sendika : Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan, I(20): 370–77.

Mubarok, Husni. 2019. “Peningkatan Pengendalian Diri Melalui Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Teknik PMRT (Progreesive Muscle Relaxation Training) Terhadap Peserta Didik Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 2 Brebes Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019.” JCOSE, Jurnal bimbingan dan konseling 2(1): 11–18.

Nugraha, Alga Bisma, and G Rohastono Ajie. 2019. “Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Kontrol DiRI.” Of Educational Research and Review 2(3): 408–14.

Priskila, Monica, Erfan Ramadhani, and Endang Surtiyoni. 2021. “Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self Control Siswa KELAS XI SMK.” Quanta 5(2): 56–60.

Rini, Santi Cahyo. 2012. “Penerapan Layanan Konseling Kelompok Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Self Control Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri Rengel Tuban." Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung : Alfabeta

S. N. Henni dan Abdillah. 2019. “Bimbingan Konseling ; Konsep, Teori Dan Aplikasinya. Medan : LPPPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i1.57-71

Article Metrics

Sari view : 323 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.