KENDALA DAN STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI ANAK UNTUK BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PAUD NEGERI PERCONTOHAN KABUPATEN SIJUNJUNG

Murni Murni, Barmawi Barmawi, Yuliana Nelisma, Yondris Yondris, Asmadin Asmadin

Sari


Pandemi COVID-19 telah mengubah praktik dan kebiasaan belajar. Pembelajaran yang biasanya dilakukan di satuan pendidikan kemudian berpindah menjadi belajar dari rumah (BDR). Guru dan peserta didik terlibat dalam BDR yang menghadirkan sejumlah tantangan dan kendala serta strategi dalam  pelaksanaannya. Kendala yang dialami guru dalam BDR pada penelitian  ini adalah  kendala dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran, kendala tersebut menuntut guru berupaya membuat strategi dalam memotivasi anak untuk  BDR pada masa pandemi ini. Hal itu karena  perubahan pola pembelajaran yang begitu drastis berisiko menyebabkan penurunan kualitas pembelajaran. Padahal kualitas pembelajaran merupakan kunci dari hasil belajar peserta didik. Jika kualitas belajar menurun, hasil belajar peserta didik pun cenderung menurun (learning loss). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala dan strategi guru dalam memotivasi anak belajar dari rumah (BDR) pada masa pandemi Covid-19 di PAUD Negeri Percontohan Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus.  Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Negeri Percontohan pada bulan Juni dan Juli tahun 2021. Sumber data primer atau informan inti dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yaitu Majelis guru, Informan tambahan Kepala Sekolah. Peneliti bertindak sebagai instrument kunci, dengan menggunakan instrumen pendukung berupa pedoman wawancara dan studi dokumentasi.  Data sekunder pada penelitian ini adalah dokumen-dokumen terkait tentang pembelajaran BDR pada masa pandemic covid 19. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan  studi dokumentasi, selanjutnya data yang terkumpul diujikan  keabsahan  dengan teknik triangulasi. Kemudian data di analisis dengan menggunakan pendapat Milles dan Hubberman  melalui reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kendala guru dalam pelaksanaan  BDR diantaranya adalah  kendala dalam perencanaan BDR, guru terkendala dalam menetukan indikator pembelajaran. Dalam pelaksanaan BDR guru mengalami kesulitan dalam menentukan kegiatan sesuai situasi dan kondisi anak, sedangkan dalam penilaian BDR, guru terkendala dalam menilai aspek perkembangan anak yang disebabkan perkembangan anak tidak bisa dipantau oleh guru. Adapun Strategi guru dalam memotivasi anak untuk  BDR adalah dengan memberikan kegiatan BDR sesuai dengan dunia anak yaitu melalui permainan, membuat grup whatshaap, menyampaikan video pembelajaran yang menarik, memberikan reward berupa kata-kata pujian dan emotikon yang menambah gairah dan semangat anak dalam pelaksanaan BDR.


Kata Kunci


Strategi Guru Dalam Memotivasi Anak, BDR Dari Rumah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Fujiawati, F. S., Raharja, R. M., & Iman, A. (2020). Pemanfaatan teknologi untuk pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP.

Handayani, O. D. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pelaksanaan Belajar dari Rumah pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.975

Hidayat, A. G., Muhammad, M., Taufik, T., & Haryati, T. (2021). Analisis Pelaksanaan BDR (Belajar dari Rumah) Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19 di Desa Teke Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.282

Kaharudin, M. (2021). Paparan Best Practice Implementasi Pemanfaatan TIK dan Teknologi Terkini untuk Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik. https://doi.org/10.47387/jira.v2i8.210

Kemdikbud. (2020a). Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Jakarta, 28 Mei 2020.

Kemdikbud, pengelola web. (2020b). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Jakarta, 28 Mei 2020.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya.

Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar.

Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). PENGEMBANGAN PROFESI GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syamsul, D. (2017). Motivasi Belajar Pada Anak Jalanan Yang Memutuskan Untuk Tetap Bersekolah Studi Kasus pada Anak Jalanan di Kota Samarinda. Psikoborneo.

Wahyuni, Y. (2015). motifasi. In Pembelajaran Matematika.

Wandi, Z. N., & Nurhafizah, N. (2019). Etika Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4829

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062

Zulaiha, D., & Rohman, A. (2020). Strategi Guru dan Keterlibatan Orangtua dalam Pemahaman Konsep Sains Anak Selama Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.816




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i2.234-246

Article Metrics

Sari view : 448 times
PDF - 275 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.