ANALISIS RENDAHNYA PARTISIPASI SURVEY EVALUASI PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI ERA PANDEMI VIRUS COVID-19

Sutirna Sutirna, Miftah Miftah, Intisari Intisari, Budoyo Budoyo

Sari


Tujuan penelitian ini ingin menggambarkan tingkat efektifitas program layanan bimbingan dan konseling era pandemi covid 19 dengan harapan akan menjadi evaluasi bagi para penyelenggara layanan bimbingan dan konseling di jenjang SMP/SMA/SMK. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner dengan indicator efektifitas dari Cambel J.P. Teknik untuk memperoleh data menggunakan metode survey melalui online yang dibantu oleh MGBK (Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling) SMP/MTs/SMA/MA/SMK. Hasil survey diolah dengan menggunakan statistic sederhana melalui perhitungan persentase jawaban responden dan kemudian dikonversi ke dalam kategori tingkat efektifitas. Hasil dari pengolahan data dapat ditarik kesimpulan bahwa rata-rata tingkat efektifitas layanan program bimbingan dan konseling di era pandemi covid 19 tingkat efektifitas sangat optimal baru mencapai 0,004%, tingkat efektifitas optimal 0,15%, tingkat cukup optimal 0,425%, tingkat tidak optimal 0,420% dan tingkat sangat tidak optimal 0,002%.


Kata Kunci


Tingkat Efektifitas; Program Bimbingan dan Konseling; Layanan Bimbingan dan Konseling; Era Pandemi Covid 19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, P. (2021). Adaptasi Kuliah di Masa Pandemi. https://www.youtube.com/watch?v=QhydRwi87ks

Ashiong P, M. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan. Scholaria, 5(2), 1–14.

Asmaranti Mei Senja;, & Naqiyah, N. (2014). Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMA NEGERI Dan SMA SWASTA Di Kecamatan Kota Bojonegoro. Jurnal BK Unesa, 4(2), 367–373. https://media.neliti.com/media/publications/249953-pelaksanaan-program-layanan-bimbingan-da-9bca3632.pdf

Barnett Berry, A. a. (2011). Teaching 2030 (What We Do for Our Students and Our Public Schools) (1st ed.). Teachers College Columbia University.

Ihyaul Ulum MD. (2004). Akuntansi Sektor Publik (1st ed.). UMM Press Malang.

Musyofah, T., Pitri, T. E., & Sumarto. (2021). Evaluasi Program BK Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Mutu Program Layanan BK. Conselia Jurnal Ilmiah BK, 4(3), 304–312. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia

Siamarmata, R. (2021). Pentingya Evaluasi Program Layanan BK di Sekolah. Gheroy.Com. https://gheroy.com/pentingnya-evaluasi-program-layanan-bimbingan-dan-konseling-di-sekolah/

Sutirna. (2018). Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (1st ed.). Deepublish (CV. Budi Utama). www.deepublish.co.id

Sutirna. (2021). Bimbingan dan Konseling: Buku Referensi (Mira Mirnawati; Sitti Aida Habibie (ed.); Pertama). Pascasarjana UNG.

Sutirna dan Asep Samsudin. (2015). Landasan Kependidikan (Teori dan Praktek) (M. D. Wildani (ed.); Pertama). Refika Aditama. www.refika_aditama.com

Sutirna, Intisari, Boeduyo, & TS, P. (2022). EVALUASI TINGKAT EFEKTIVITAS PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI JENJANG SMP/MTs-SMA/SMK/MA DI ERA PANDEMI VIRUS COVID-19. International Virtual Conference on Islamic Guidance and Counseling, 175–192. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.18326/iciegc.v2i1.361

Wahidin. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(2), 111–119. file:///C:/Users/SUTIRNA/Downloads/183-870-1-PB (1).pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i1.8-15

Article Metrics

Sari view : 526 times
PDF - 503 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.