MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL ROLE PLAYING BERBASIS DIGITAL PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN

HASAN BAHRI

Sari


Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas yang belum dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model  Role Playing  Berbasis Digital dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IX-2 manfaatnya diharapkan berguna bagi peneliti sebagai guru untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar Bahasa Inggris di SMP Negeri 8  Padangsidimpuan.

         Aktivitas belajar dalam hal ini adalah yang menyangkut penerapan sebagian dari prinsip-prinsip pembelajaran yang meliputi aktivitas bertanya, menjawab, menanggapi, menulis dan keseriusan sedangkan hasil belajar Bahasa Inggris merupakan prestasi atau nilai hasil belajar yang diperoleh siswa dalam satu materi ajar Bahasa Inggris. Role Playing  Berbasis Digital adalah model pembelajaran yang diartikan sebagai model belajar yang melibatkan siswa lebih dominan pada proses belajar serta merangsang siswa untuk lebih banyak beraktivitas.

         Yang menjadi subjek dari penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX -2 SMP Negeri 8  Padangsidimpuan, pada tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari 22 siswa yang sedang duduk pada semester 1. Proses penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dan pada siklus I terdiri dari 2 pertemuan begitu juga pada siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan dan pada siklus III terdiri dari 2 kali pertemuan.

Untuk mengumpulkan data, penelitian ini digunakan observasi /pengamatan oleh 2 orang observator yang dimana kedua orang observator tersebut  adalah teman peneliti sebagai kolaborasi serta hasilnya dianalisis secara kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas  dan hasil belajar  dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas IX-2SMP Negeri 8 Padangsidimpuan pada tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Role Playing Berbasis Digital dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu yaitu 48,86% pada siklus I menjadi  53,86% pada siklus II  dan naik menjadi  58,86% pada siklus III.

 

Kata-kata Kunci : Pembelajaran Cooperative Script  Berbasis TIK, Aktivitas Belajar


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2018.v3i2.49-53

Article Metrics

Sari view : 374 times
PDF - 286 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.