MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL ROLE PLAYING BERBASIS DIGITAL PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN

HASAN BAHRI

Sari


Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas yang belum dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model  Role Playing  Berbasis Digital dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IX-2 manfaatnya diharapkan berguna bagi peneliti sebagai guru untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar Bahasa Inggris di SMP Negeri 8  Padangsidimpuan.

         Aktivitas belajar dalam hal ini adalah yang menyangkut penerapan sebagian dari prinsip-prinsip pembelajaran yang meliputi aktivitas bertanya, menjawab, menanggapi, menulis dan keseriusan sedangkan hasil belajar Bahasa Inggris merupakan prestasi atau nilai hasil belajar yang diperoleh siswa dalam satu materi ajar Bahasa Inggris. Role Playing  Berbasis Digital adalah model pembelajaran yang diartikan sebagai model belajar yang melibatkan siswa lebih dominan pada proses belajar serta merangsang siswa untuk lebih banyak beraktivitas.

         Yang menjadi subjek dari penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX -2 SMP Negeri 8  Padangsidimpuan, pada tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari 22 siswa yang sedang duduk pada semester 1. Proses penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dan pada siklus I terdiri dari 2 pertemuan begitu juga pada siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan dan pada siklus III terdiri dari 2 kali pertemuan.

Untuk mengumpulkan data, penelitian ini digunakan observasi /pengamatan oleh 2 orang observator yang dimana kedua orang observator tersebut  adalah teman peneliti sebagai kolaborasi serta hasilnya dianalisis secara kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas  dan hasil belajar  dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas IX-2SMP Negeri 8 Padangsidimpuan pada tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Role Playing Berbasis Digital dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu yaitu 48,86% pada siklus I menjadi  53,86% pada siklus II  dan naik menjadi  58,86% pada siklus III.

 

Kata-kata Kunci : Pembelajaran Cooperative Script  Berbasis TIK, Aktivitas Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta : PT Raja Grapindo Persada, 2007.

Davis, Ivor K, (penerjemah : Sudarsono S, dkk.), Pengelolaan Belajar, Jakarta: C. V. Rajawali dan PAU-UT, 1987.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta, , 2002

Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK, Jakarta :2010

Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar, Jakarta :2006

Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Depdiknas, Penilaian Hasil Belajar, Jakarta :2008

Djamarah Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik, Jakarta : Rineka Cipta, 2000.

Hamalik Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara, 2003.

Nana Sujana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru, 1991.

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006..

Nana Sudjana, R. Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Ban-dung: Sinar Baru, 2000.

Sagala Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : Alfabet, 2005.

Sardiman, A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2009.

Slameto, Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta, 1991.

Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara, 2008,

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta, 2002.

Suhertian, A. Piet, Prinsip dan Tekhnik Supervisi Pendidikan, Surabaya : Usaha Nasional, 1981.

Suparman, Atwi, Model-Model Pembelajaran Interaktif, Jakarta : STA LAN Press, 1997.

Syah Muhibbin, Psikologi dengan Pendekatan Baru, Bandung : Remaja Rosdakarya,2005.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.